Teluk Meksiko Dan Apakah Arus Teluk Meksiko Itu - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Teluk Meksiko Dan Apakah Arus Teluk Meksiko Itu

Teluk Meksiko Dan Apakah Arus Teluk Meksiko Itu

Apa Itu Arus Teluk Meksiko - Arus teluk meksiko adalah sejenis arus laut, bahkan yang paling terkenal diantara semua arus laut yang ada di dunia, arus teluk meksiko merupakan suatu sungai yang mengalir melintasi lautan dan bukannya sungai yang mengalir di atas daratan.

Gambar Teluk Meksiko Dan Apakah Arus Teluk Meksiko Itu


tetapi arus teluk meksiko sangat deras sehingga daya kekuatannya melebihi kekuatan semua sungai di dunia ini bila digabungkan menjadi satu.

arus teluk meksiko itu mengalir ke arah utara sepanjang pesisir pantai timur Amerika Serikat, menyebrangi Samudera Atlantik bagian Utara, lalu menuju jurusan Utara Baratlaut Eropa, arus teluk meksiko itu mempunyai warna birunila yang terang dan bisa kita saksikan dengan jelas perbedaannya dari perairan sekitarnya yang berwarna hijau dan kelabu.

Bagaimana Arus Teluk Meksiko Terjadi

air arus teluk meksiko itu berasal dari gerakan permukaan air yang terdapat di sekitar Khatulistiwa di Samudera Atlantik, gerakan air yang kita sebut "arus hanyut" ini meluncur ke jurusan barat. jadi dari sinilah arus teluk meksiko itu mulai bergeraj ke Utara ke Benua Amerika Selatan dan masuk ke Laut Karibia.

pada intinya, arus teluk meksiko bisa disebut Arus Teluk Meksiko dari mulai saat arus tersebut bergerak ke jurusan utara menelusuri pesisi pantai timur Amerika Serikat.

oleh karena itu Arus Teluk Meksiko berpangkal dari wilayah bagian bumi yang panas, maka arus tersebut pun juga merupakan arus air yang panas. sebagai akibatnya, maka kehadiran arus teluk Meksiko raksasa yang mengandung air panas itu menyebabkan berbagai macam iklim yang berbeda-beda di berbagai tempat di dunia. 

disini terdapat beberapa contoh yang menarik : angin bertiup melintasi arus Teluk Meksiko ini di Eropa bagian Utara (diesbut "Arus Atlantik Utara") dengan membawa serta udara panas ke bagian tertentu di Norwegia, Swedia, Denmark, Belanda, dan Belgia.

sebagai akibatnya negara-negara tersebut memperoleh suhu yan g lebih lembut pada musim dingin di bandingkan dengan tempat-tempat lain yang terletak di bagian bumi sebelah utara. hal ini juga berarti bahwa pelabuhan-pelabuhan sepanjang pesisir pantai Norwegia bebas dari es yang beku sepanjang tahun.

Manfaat Arus Teluk Meksiko

berkat adanya Arus Teluk Meksiko ini, maka London dan Paris menikmati iklim yang lebih lembut pada musim dingin, meskipun jaraknya ke utara sama saja dengan jarak Labrador yang mengalami musim dingin yang sangat getir.

angin yang melintas di atas teluk Meksiko ini menjadi panas dan lembab. apabila angin ini menjadi dingin seperti halnya pada saat mendekati Newfoundland, maka timbullah kabut tebal. itulah asal mulanya ditemukan kabut tebal yang berbahaya di sekitar Grand Band atau Newfoundland itu.

arus Teluk Meksiko itu tidak mempunyai pengaruh terhadap iklim musim dingin yang berlaku di Benua Amerika Utara Dan Benua Eropa pada umumnya, karena angin musim dingin tidak bertiup melintasi arus Teluk Meksiko itu, melainkan menyusup ke arah daratan seperti halnya terjadi di Eropa.

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel