Apa Yang Dimaksud Protoplasma - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Apa Yang Dimaksud Protoplasma

Apa Yang Dimaksud Protoplasma

Definisi Protoplasma - Ilmu pengetahuan telah mencapai banyak kemajuan, di dalam laboratorium orang bisa meniru banyak keajaiban yang terdapat di dalam alam semesta ini. tetapi masih ada satu zat yang belum bisa berhasil diciptakan, yaitu protoplasma yang merupakan bagian zat yang hidup pada tubuh binatang dan tumbuh-tumbuhan.

Gambar Apa Yang Dimaksud Protoplasma

semua organisme, itu berupa tumbuhan atau itu berupa binatang, terdiri dari sel-sel. mungkin terdapat jutaan sel-sel di dalam tubuh sebuah tanaman atau seekor binatang, seperti halnya pada tubuh manusia.

tetapi bisa juga hanya satu sel saja seperti halnya pada protozoa, namun apa pun jenis organisme itu, tidak peduli ia seekor ikan paus, seorang manusia, setangkai bunga mawar, maka dinding-dinding selnya pasti terdiri dari zat hidup yang sama, yaitu protoplasma.

semua protoplasma tidak sama bentuknya, menurut kenyataan memang setiap jenis mahluk hidup itu mempunyai jenis protoplasma sendiri-sendiri. jenis sel yang berbeda-beda di dalam sebuah organisme itu masing-masing mempunyai bentuk protoplasma yang khusus pula.

meskipun jenis protoplasma itu terdiri dari karbon, hidrogen, oksigen, dan nitrogen, dengan sejumlah gejala unsur-unsur lainnya. apa yang membuat protoplasma itu hidup masih belum dapat kita ketahui. yang pasti telah kita ketahui adalah bahwa segala sesuatu yang dapat dilakukan oleh mahluk hidup itu justru dikerjakan oleh kemampuan protoplasma itu.

apabila makanan itu masuk ke dalam tubuh kita, maka ia mulai dicernakan, atau dirubah bentuknya menjadi cairan. lalu zat makanan yang telah dicernakan itu harus meresap masuk ke dalam tubuh kita menjadi bagian dari protoplasma.

proses ini terkenal dengan nama "assimilasi". sebagai akibat dari assimilasi ini, protoplasma itu menjadi usang. hal ini merupakan satu proses yang mengagumkan, sebab dengan ini berarti bahwa protoplasma itu membangun suatu wujud yang hidup dari suatu zat yang mati.

kemudian ia merubah zat yang asing itu menjadi zat yang sama seperti yang terdapat pada dirinya sendiri. protoplasma juga menyimpan dan melepaskan semua tenaga yang dimiliki tumbuhan dan binatang. 

semua protoplasma, dan tubuh yang terbuat dari protoplasma, mempunyai waktu tertentu untuk bekerja dan beristirahat.

protoplasma sifatnya peka terhadap rangsangan-rangsangan atau sentakan yang datangnya dari arah luar. sebuah cahaya atau panas yang sangat keras akan bisa membunuh protoplasma itu. bahan-bahan kimia bisa menarik atau menolak protoplasma itu. 

arus listrik menyebabkan protoplasma itu bergerak ke segala penjuru, tetapi masih banyak lagi seluk beluk protoplasma dan bagaimana tinglah lakunya yang masih merupakan sebuah tantangan bagi ilmu pengetahuan untuk mengungkapkannya.

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel