Sinar Kosmik Dan Apa Yang Dinamakan Sinar Kosmik - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Sinar Kosmik Dan Apa Yang Dinamakan Sinar Kosmik

Sinar Kosmik Dan Apa Yang Dinamakan Sinar Kosmik

Apa Itu Sinar Kosmik - Tentu anda pernah membaca bahwa pada sat sebuah satelit dikirimkan ke ruang angkasa, ia akna membawa serta segala macam peralatan dan bahan pengukur. apakah anda memperhatikan bahwa dalam hampir setiap peristiwa penyelidikan selalu terdapat alat pelacak atau pengukur terhadap sinar kosmik? mengapa? sebab sinar kosmik masih tetap menarik dan mengandung rahasia yang tiada taranya dalam jangkauan dunia pemikiran ilmiah manusia sampai sekarang ini.

Gambar Sinar Kosmik Dan Apa Yang Dinamakan Sinar Kosmik

kira-kira 60 tahun yang lalu, para ahli ilmu pengetahuan menanggapi sesuatu peristiwa yang aneh. mereka menemukan kenyataan bahwa sekelumiy udara yang terkurung rapat dalam sebuah tabung tertutup menunjukkan sejumlah kegiatan tenaga listrik.

sekalipun tabung itu tertutup dan diselubungi dengan selapis bahan pelindung, kenyataannyamasih saja tetap demikian. ini berarti bahwa ada dua jenis radiasi telah sempat memasuki tabung itu, suatu radiasi yang lebih kuat daya tembusnya daripada yang dikenal sebelumnya.

Dari Mana Datangnya Radiasi Misterius Pada Sinar Kosmik

darimana datangnya radiasi yang misterius ini? berbagai macam perubahan telah dilangsungkan untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan ini.

mula-mula para ahli telah berhasil membuktikan bahwa radiasi itu tidak berasal dari tanah, karena radiasi itu bisa melewati laut.

oleh karena itu keadaannya tetap sama pada saat siang ataupun malam, maka tidak mungkin radiasi itu berasal dari matahari. sekalipun radiasi dibawa serta dalam balon udara menempuh jarak ketinggian yang sangat besar, radiasi masih tetap saja menampakkan kehadirannya walau dimana pun diruang angkasa. oleh karena radiasi itu sifatnya yang "universal" atau "kosmik". itu maka disebut dengan sinar kosmik.

Lalu Apa Itu Sinar Kosmik

sinar kosmik adalah tiada lain yaitu partikel atom, sinar kosmik mampu menempuh jaraj di antariksa, di luar atmosfer bumi kita dengan kecepatan yang hampir sama dengan cahaya matahari kita. sebagian diantaranya secara kebetulan bisa mendekati bumi dan memasuki atmosfer kita.

Jenis-Jenis Sinar Kosmik

partikel-partikel atom yang disebut "sinar kosmik primer" ini bertabrakan dengan atom-atom yang terdapat di udara. tabrakan ini mengakibatkan terbentuknya partikel-partikel baru, yang juga menempuh jarak dengan kecepatan luar biasa.

arahnya pun mengikuti jurusan yang ditempuh oleh partikel primer itu. partikel baru itu disebut "sinar kosmik sekunder". pada gilirannya mereka bertabrakan lagi dengan atom-atom lain yang menciptakan lebih banyak lagi partikel-partikel baru.

jadi, suatu hujan radiasi akan membom bumi, satu proton yang datangnya dari antariksa dapat menghasilkan radiasi dengan cara seperti itu, sehingga meliputi luas seribu kaki persegi.

sepanjang pengetahuan kita, pemboman sinar kosmik itu tidaklah berbahaya, sekalipun mereka mencapai bumi karena ia sudah berbilyun-bilyun tahun hadir di bumi dan tidak pernah mempengaruhi kehidupan mahluk hidup di bumi.

namun, para ahli belum berhasil mengungkapkan dari mana asalnya sinar kosmik itu, mungkin saja sementara manusia terus-menerus sibuk menjelajahi antariksa, dan pertanyaan ini akan terjawab kelak.

Share this post

Related Posts

0 Response to "Sinar Kosmik Dan Apa Yang Dinamakan Sinar Kosmik"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel