Lembab Udara Dan Apakah Lembab Udara Itu - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Lembab Udara Dan Apakah Lembab Udara Itu

Lembab Udara Dan Apakah Lembab Udara Itu

Apakah Lembab Udara Itu - Bila anda menempatkan sebuah gelas yang berisi air es diatas meja dan membiarkannya sementara waktu disana, kemudian memperhatikan apa yang terjadi, maka tampaklah titik-titik air dibagian permukaan luar dari gelas tersebut.

Gambar Lembab Udara Dan Apakah Lembab Udara Itu


Dari Mana Titik-Titik Air Itu Datang

jawabannya adalah, titik-titik air itu datang dari uadra, pada dasarnya, titik-titik air selalu terdapat di udara dalam bentuk uap air. pada peristiwa gelas berisi air es itu, uap air mengalami kondensasi pada permukaan gelas yang dingin, sehingga titik-titik air itu tampak jelas.

tetapi pada umumnya uap air di udara itu tidak terlihat oleh mata kita. istilah "lembab udara" tiada lain sebenarnya berarti kehadiran uap air di dalam udara itu, lembab udara itu terdapat di mana-mana, bahkan di atas padang pasir yang luas sekalipun.

ini berarti bahwa lembab udara selalu terdapat di mana-mana, hanya keadaan lembab udara itu tidak selalu sama di berbagi tempat. kita memiliki berbagai cara untuk menyatakan kadar lembab udara itu, dan dua diantara cara itu adalah "lembab udara yang mutlak" dan "lembab udara yang relatif". marilah kita telaah arti yang dikandung oleh istilah tersebut.

Jenis-Jenis Lembab Udara

Lembab Udara Yang Mutlak

lembab udara yang mutlak adalh jumlah kadar uap air yang terdapat dalam tiap unit volume udara, terdapat banyak sekali titik air di dalam setiap kaki kubik udara. tetapi, untuk tujuan praktis, keterangan ini tidak banyak berarti bagi kita,.

namun bila anda ingin mengetahui apakah anda merasa bahwa badan anda nyaman atau tidak, jawabannya seperti "empat butir titik air di dalam tiap kaki kubik" belum bisa memberikan penjelasan apakah udara itu terasa kering atau lembab bagi tubuh anda.

semakin mudah titik air menguap dari tubuh anda ke dalam udara terbuka, semakin nyaman rasa badan anda, daya serap uap air dalam udara itu tergantung pada suhu, sedangkan lembab udara yang mutlak tidak bisa menjadi petunjuk tenatng daya serap uap air di dalam udara itu.

Lembab Udara Yang Relatif

lembab udara yang relatif dinyatakan dengan sistem persentase, yaitu "seratus persen" untuk menggambarkan udara yang padat atau bermuatan penuh dengan uap air.

semakin tinggi suhu itu, semakin besar jumlah uap air yang bisa dikandung oleh udara itu, jadi, pada suatu hari yang panas terik "lembab udara yang relatif bisa berjumlah 90 persen". ini berarti kadar uap air yang banyak sekali terdapat di udara. suatu hari yang akan membuat tubuh anda merasa tidak nyaman dengan suhu tersebut.

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel