Apa Karat Itu Dan Apa Penyebab Besi Atau Baja Berkarat - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Apa Karat Itu Dan Apa Penyebab Besi Atau Baja Berkarat

Apa Karat Itu Dan Apa Penyebab Besi Atau Baja Berkarat

Kenapa Besi Berkarat - Bila anda meninggalkan sepotong besi selama beberapa hari di suatu tempat yang mengandung udara lembab, atau di tempat yang basah, maka potongan besi itu akan diliputi lapisan karat seakan-akan ada seseorang yang telah datang membubuhkan cat berwarna merah ke atas potongan besi itu.

Gambar Apa Karat Itu Dan Apa Penyebab Besi Atau Baja Berkarat


Apakah Karat Itu

mengapa karat itu terbentuk pada besi dan baja? karat adalah proses oksidasi pada zat besi. hal itu terjadi pada saat besi itu "terbakar" oleh karena bersenyawa dengan oksigen yang menghadap ke dalam air.

ini berarti bahwa jika tidak ada titik-titik air di dunia, atau keadaan basah oleh kehadiran air, maka oksigen itu tidak mungkin berpadu ke dalam air. dengan demikian proses berkarat itu tidak mungkin terbentuk.

bila titik-titik air hujan jatuh menetes ke atas permukaan besi atau baja yang licin bersih, maka tetesan air hujan itu akan tetap bersih untuk sementara waktu, tetapi zat besi dan oksigen yang terdapat dalam air akan segera bersenyawa dan membentuk oksidasi besi di dalam tetesan air itu.

itulah yang kita sebut dengan karat, tetesan air itu akan berubah menjadi warna merah, karat itu terbentuk seluas batas tetes air itu menguap, maka karat itu akan tertinggal dan membentuk selapis selubung berwarna merah diatas permukaan besi itu sendiri.

jika sudah sesekali mulai berkarat, maka karat itu akan merambat ke bagian lain, sekalipun bagian itu terdapat dalam udara yang kering. hal ini disebabkan oleh karena bagian yang kasar dari karat itu turut membantu membentuk kondensasi pada udara yang memiliki kadar uap air bagaimana sekali pun.

karat akan menarik uap air itu dan mempertahankannya, oleh sebab itu, lebih baik mencegah proses karatan itu dari sejak awal daripada mencegahnya bila suatu karat sudah tersebar secara meluas.

oleh karena alat-alat yang terbuat dari besi dan baja sangat sering harus disimpan untuk jangka waktu yang lama, maka masalah mencegah terbentuknya karat ini merupakan satu persoalan yang penting untuk kita.

kadang orang membungkus alat-alat semacam itu dengan cat anti karat yang khas atau menggunakan semacam plester film plastik. tetapi apa yang harus kita perbuat dengan bagian dalam kapal perang agar tidak diserang oleh proses berkarat pada saat kapal-kapal perang tidak dipergunakan ? pihak Angkatan Bersenjata telah memecahkan masalah ini dengan cara penggunaan alat dehumidasi.

alat ini berupa mesin yang bisa menyedot lembab air dalam udara agar keluar dari dalam ruangan kapal itu dan kemudian menggantikannya dengan udara kering. maka karat itu sedikit pun tidak memperoleh kesempatan untuk bisa terbentuk ataupun berkembang.

Share this post

Related Posts

0 Response to "Apa Karat Itu Dan Apa Penyebab Besi Atau Baja Berkarat"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel