Kutub Selatan Dan Apakah Kutub Selatan Sama Dinginnya Dengan Kutub Utara - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Kutub Selatan Dan Apakah Kutub Selatan Sama Dinginnya Dengan Kutub Utara

Kutub Selatan Dan Kutub Utara

Bagi kita kedua wilayah ini, itu kutub selatan maupun kutub utara, merupakan daratan yang mengandung rahasia besar. masih kabur benar bayangan kita tentang bentuk dan keadaan daerah ini. lalu kita membayangkan kedua daerah itu tentu sama saja keadaannya.

Gambar Kutub Selatan Dan Apakah Kutub Selatan Sama Dinginnya Dengan Kutub Utara

tetapi anehnya, kedua daerah itu, baik Antartika (wilayah kutub Selatan) maupun Artike (wilayah Kutub Utara), justru lebih banyak menunjukkan perbedaan daripada persamaannya yang kedua wilayah itu miliki.

wilayah Kutub Selatan terutama terdiri dari satu daratan yang disebut Antartika. yaitu daratan yang diliputi es dan salju itu hampir dua kali luas wilayah Amerika Serikat. sebaliknya, wilayah Kutub Utara terdiri dari Samudera Artika yang di kelilingi oleh pinggir sebelah ujung daratan Amerika Utara, Eropa dan Asia.

perbedaan mencolok lainnya adalah, antara keduanya bahwa mahluk manusi, heawan, dan tumbuh-tumbuhan telah beralih lambat laun ke jurusan Utara, ke wilayah Kutub Utara, karena mereka telah bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan daerah kutub.

tetapi di wilayah Kutub Selatan, yangterpisah ratusan mil jauhnya dari semua samudera dan daratan kecuali Amerika Selatan, tidaklah terdapat binatang darat, dan tidak pula dihuni oleh manusia.

kehidupan di Kutub Utara jarang ditumbuhi oleh tumbuh-tumbuhan karena tumbuhan yang hidup di Kutub Utara jarang dapat berkembang dengan baik sehingga kita hanya bisa menemukan disana jenis cendawan, lumut, rumput-rumputan dan sedikit jenis tanaman bunga-bungaan.

itulah sebabnya dan itu adalah salah satu alasan mengapa burung pinguin bisa hidup dan berkembang biak dengan leluasa dan berbahagia di wilayah ini, karena mereka tidak menghindari dan tidak menghadapi musush apa pun di daratan ini.

Keadaan Iklim Di Wilayah Antartika

ada terdapat dua ciri utama : suhu yang sangat rendah sekalipun pada musim panas, dan terjadinya taufan salju yang paling dahsyat di dunia.

di wilayah Kutub Utara arus udara membubung naik dari sekitar perairan kelilingnya dan itulah yang membantu suhu disana sedikit agak naik.

tetapi di Antartika hampir seluruh daratan diselimuti oleh selubung es dan salju yang berbentuk besar dan sangat luas. udara dingin berkembang menjadi lebih beku dengan tekanan tinggi, sehingga iklim disana sifatnya lebih getir daripada yang terdapat di wilayah Kutub Utara.

bahkan selama berlangsungnya bulan-bulan musim panas pun suhu rata-rata di Antartika beberapa di bawah titik beku. hanya sesekali yaitu pada hari-hari musim panas tertentu, suhu itu bisa menanjak sampai 40 derajat Fahrenheit.

tetapi pada umumnya suhu selalu berada di bawah titik nol, suhu semacam ini bisa secara tiba-tiba saja merosot biarpun keadaan sedang berada tepat di tengah musim anas, pada musim dingin suhu di Kutub Selatan itu berkisar rata-rata antara 10 sampai dengan 30 derajat di bawah nol.

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel