Apa Itu Ganggang Dan Cara Ganggang Hidup - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Apa Itu Ganggang Dan Cara Ganggang Hidup

Apa Itu Ganggang Dan Cara Ganggang Hidup

Cara Ganggang Hidup - apabila anda pernah menyelenggarakan sebuah akuarium di rumah anda sendiri, mungkin anda pernah memperhatikan setumpuk buih-buih hijau yang entah dari mana datangnya. itu adalah "algae" atau ganggang. apabila anda pergi berenang di dalam sebuah kolam atau danau tertentu, maka terdapat pula rumput-rumput halus yang licin, yang melilit disekitar kaki anda, dan ini adalah termasuk jenis ganggang juga!

Gambar Apa Itu Ganggang Dan Cara Ganggang Hidup

Jenis-Jenis Ganggang

ada terdapat ribuan jenis ganggang yang tumbuh di semua bagian dunia, di dalam rawa-rawa, kolam, di danau, di sungai, bahkan laut dan samudera. bentuknya juga menjadi berbagai jenis dan bentuk, mulai dari buih-buih halus yang lunak sampai kepada berbentuk rumput laut yang tegar dan alot, yang panjangnya kadang-kadang bisa lebih besar dari 100 kaki.

Algae atau ganggang ini merupakan tumbuhan dalam bentuk kehidupannya yang paling primitif, sebagian diantaranya senantiasa tetap tinggal dalam keadaan memiliki sel tunggal dan berdiri sendiri. yang lainnya berkembang dari satu sel membentuk sel yang lainnya.

sehingga mereka membentuk satu rangkaiana sel yang panjang bagaikan seuntai manik-manik pada sebuah tali. sebagai lain lagi hidup bertumpuk satu sama lainnya dalam bentuk pola yang indah, sehingga cenderung merupakan satu jaringan sel-sel yang serba semrawut.

ganggang yang lainnya lagi memisahkan diri dan membentuk satu kelompok yang baru lagi. semua ganggang mengandung sejenis zat yang disebut "klorofil" yang memungkinkan mereka menyerap matahari dan mengolaj sendiri makanan mereka.

dalam hal inilah justru ganggang itu berbeda dari jamur, meski merupakan jenis tanaman yang satu golongan.

ganggang yang paling umum adalah yang berupa buih-buih hijau di kolam yang tenang. sebagian dari jenis rumput laut di samudera, selain mengandung klorofil juga mengandung zat pigmen, yang coklat kekuningan.

sejumlah jenis ganggang yang berwarna coklat ini mempunyai batang yang demikian tebal dan kuat, sehingga ganggang bisa dibuat bahan tali. dan jenis lainnya lagi bisa memberikan zat yodium bagi kita.

ganggang merah merupakan tanaman laut yang sangat mempesona, bentuknya yang indah dan warna yang merah yang sangat beragam. terkadang ganggang hidup bertumpuk dengan sangat banyaknya sehingga warna laut akan terlihat menjadi merah oleh ganggang tersebut.

itulah yang menyebabkan Laut Tengah diberi nama Laut Merah, diatom adalah sejenis ganggang yang mempunyai kulit kerang yang kecil. apabila ganggang itu mati, maka kulitnya itu akan jatuh tenggelam ke dasar laut dan kadang-kadang sampai bertumpuk bermeter-meter tingginya.

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel