Radium Dan Apa Itu Radium - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Radium Dan Apa Itu Radium

Radium Dan Apa Itu Radium

Apa Itu Radium - Radium adalah suatu unsur radio aktif, marilah kita teliti terlebih dahulu apa sebenarnya radio aktif itu. setiap unsur terdiri dari sejumlah atom. kebanyakan atom itu bersifat stabil, artinya mereka mengalami perubahan dari tahun ke tahun. tetapi beberapa jenis atom yang berat bisa pecah dan bisa berubah menjadi jenis yang lain lagi, proses terpecahnya atom ini disebut dengan radio-aktivitas.

Gambar Radium Dan Apa Itu Radium

setiap unsur radio aktif itu binasa atau hancur dengan cara mengeluarkan sinar pada taraf tertentu. taraf ini tidak dapat dipercepat atau diperlambat oleh cara apapun juga, sebagian ada yang berubah dengan cepat, yang lain berubah sangat perlahan. tetapi semua perubahan itu tidak dapat dikuasai oleh manusia.

dalam soal yang menyangkut radium ini, proses pembinasaan itu akan berlangsung terus-menerus sampai radium itu berubah menjadi timah, misalnya saja, setengah gram radium akan berubah menjadi atom-atom zat yang lebih rendah berat atomnya dalam jangka waktu 1.590 tahun. 

setelah 1.590 tahun berikutnya, separuh radium yang tersisa akan berubah, demikian proses perubahan ini berlangsung terus sampai radium itu berubah menjadi timah.

Bagaimana Radium Ditemukan

radium pada mulanya ditemukan oleh Madame Curie bersama suaminya, Pierre Curie, mereka sedang menyuling satu ton bahan mineral yang berwarna hitam mengkilap, yang ternyata mengandung oksida uranium.

mereka mengetahui bahwa uranium bisa memancarkan sinar yang tidak terlihat, tetapi mereka beranggapan bahwa mesti masih ada zat lain yang lebih besar tenaganya di dalamnya. sangat pertama sekali mereka menemukan polinium, sebuah unsur radio aktif lain dan akhirnya mereka berhasil memisahkan senoktah kecil zat radium.

radium itu mengeluarkan tiga macam sinar yang diberi nama sinar alfa, beta, dan sinar gama. sinar alfa merupakan partikel helium yang bergerak sangat cepat. sinar beta adalah elektron-elektron yang bergerak cepat.

sedangkan sinar gama adalah semacam sina rongten, yang mempunyai daya tembus lebih besar. apabila salah satu dari jenis sinar ini dipancarkan, maka atom induk dari mana cahaya itu berasal, akan berubah dari satu unsur menjadi unsur yang lain, perubahan ini dinamakan "transmutasi atom".

daerah yang paling banyak mengandung cadangan tambang uranium, yang selama ini pernah diketemukan orang, adalah disekitar Danau Beruang Besar di Kanada.

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel