Kecepatan Suara Dan Berapa Kecepatan Suara Itu - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Kecepatan Suara Dan Berapa Kecepatan Suara Itu

Kecepatan Suara Dan Berapa Kecepatan Suara Itu

Berapa Kecepatan Suara - Setiap kali kita mendengar bunyi sesuatu, pasti ada benda yang bergetar disuatu tempat atau ada suatu benda yang bergerak mundur dan maju dengan kecepatan luar biasa, sebab bunyi itu mulai bertitik pangkal dari suatu benda yang bergetar.

tetapi bunyi itu harus melewati sesuatu untuk menempuh suatu jarak, ia membutuhkan sesuatu untuk membawa bunyi itu dari sumbernya kepada pendengar. benda itu disebut "medium" atau "sarana perantara".

Gambar Kecepatan Suara Dan Berapa Kecepatan Suara Itu


sebuah sarana perantara dapat berupa apa saja, entah itu berupa udara, air, benda-benda, bahkan berupa tanah tempat kita berpijak. 

orang-orang Indian memiliki kebiasaan untuk memasang telinganya ke atas tanah untuk mendengarkan suara gaduh yang berada di kejauhan. jadi, jika tidak ada suara, jika anda menciptakan satu ruang yang hampa uadara, tanpa benda apa pun juga, maka suara tidak akan mungkin menembusnya.

Mengapa demikian? tiada lain karena suara atau bunyi itu berjalan melewati gelombang uadara. benda-benda yang bergetar akan menyebabkan molekul-molekul atau partikel-partikel di dalam benda yang berdekatan dengannya bergetar pula.

setiap partikel akan meneruskan getaran itu kepada partikel yang berikutnya, sehingga hasilnya adalah terbentuknya gelombang suara. oleh karena sarana perantaranya yang dilalui suara itu dapat pula berupa kayu padat, air yang basah, hingga udara yang lembab, dan udara yang mengandung gas.

maka dengan sendirinya gelombang itu pun akan bergerak dalam berbagai macam kecepatan pula. jadi kalau kita mengajukan pertanyaan tentang berapa laju kecepatan suara itu? maka kita harus bertanya terlebih dahulu, apakah jenis sarana perantaranya? dan melalui apakah suara itu akan lewat?.

kecepatan suara di dalam udara itu kira-kira 1.100 kaki per detik (750 mil per jam). tetapi kecepatan ini berlaku hanya pada suhu udara 32 derajat Fahrenheit. kalau suhu udara itu naik, maka kecepatan suara pun akan bertambah pula.

suara bergerak lebih cepat di dalam air dari pada di uadara, bila air itu berada pada suhu 46 derajat Fahrenheit, maka suara akan bergerak melalui air dengan kecepatan kurang lebih 4.708 kaki per detik atau dengan kata lain 3.210 mil per jam.

dalam benda-benda logam, suara itu bergerak lebih cepat lagi yaitu sekitar 11.160 mil per jam. mungkin anda mengira bahwa suara yang keras akan bergerak lebih cepat daripada suara yang lemah. hal ini tidak benar.

tinggi rendahnya nada suara tidak mempunyai efek apapun dalam soal kecepatan. kecepatan suara hanya bergantung pada sarana perantaranya saja. bila anda ingin mencoba suatu eksperimen yang menarik tentang suara, cobalah anda ambil dua buah batu dan saling tepukkan kedua batu tersebut di udara. lalu perhatikan bunyinya.

kemudian anda menyelam dan tepuk lagi kedua batu tersebut di dalam air, anda akan kagum betapa lebih cepat suara yang anda dengar di dalam air daripada suara yang di udara tadi.

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel