Radio Aktif Dan Apakah Radio Aktif Itu - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Radio Aktif Dan Apakah Radio Aktif Itu

Radio Aktif Dan Apakah Radio Aktif Itu

Apakah Radio Aktif Itu - Sekarang ini hampir tidak ada seorang pun manusia yang belum pernah mendengar istilah radio aktif ini, tetapi tidak ada seorang pun yang tidak merasa cemas mendengar perkataan ini. sebab kita mengetahui bahwa percobaan-percobaan bom menimbulkan radio aktif dan merupakan salah satu masalah terbesar yang dihadapi umat manusia sekarang ini.

Gambar Radio Aktif Dan Apakah Radio Aktif Itu


Apakah Radio Aktif Itu? Dan Mengapa Radio Aktif Dianggap Sangat Berbahaya Bagi Manusia?

marilah kita bertitik tolak dari atom itu, setiap jenis atom mempunyai susunan semacam susunan yang kita temukan dalam tata surya kita. pada tempat kedudukan matahari kita temukan nukleus, dan sebagai planet-planet itu kita dapatkan elektron-elektron yang berputar sekeliling nukleus itu. nukleus itu terdiri dari satu atau lebih partikel yang mengandung muatan arus positif.

radio aktif terjadi bila ada sesuatu hal yang menyebabkan atom itu harus mengeluarkan satu atau lebih partikel dari nukleus-nya. pada saat yang bersamaan atom itu dapat juga memancarkan tenaga dalam bentuk sinar, dalam hal ini sinar gama.

sejumlah unsur memang sudah mengandung radio aktif yang berarti bahwa atom-atomnya selalu dalam keadaan melepaskan beban partikelnya, bila ini terjadi, maka kita katakan proses terjadinya "disintegrasi". apabila partikel-partikel itu dilepaskan, maka unsur itu akan mengalami perubahan.
dengan cara inilah radium, yang pada hakekatnya sudah mengandung radio aktif , melepaskan partikel-partikel dan menjalankan proses disintegrasi ke dalam unsur-unsur yang lain sampai menjadi timah.

tetapi, para ilmu pengetahuan sekarang telah berhasil menemukan suatu cara bagaimana membuat sendiri dario-aktif itu. dengan cara membom atom-atom unsur tertentu dengan partikel-partikel, maka para sarjana itu bisa membuat atom-atom itu berdisntegrasi sehingga menjadi radio-aktif.

atom-atom yang dibom itu kemudian akan mengeluarkan tenaga, itulah sebabnya mengapa mesin-mesin semacam ini disebut orang dengan istilah "pemecahan atom".

Mengapa Radio Aktif Sangat Berbahaya Bagi Manusia?

coba bayangkan partikel-partikel itu melayang dari atom yang sudah dipecahkan itu. apabila partikel-partikel ini menabrak atom-atom yang lainnya, maka partikel-partikel itu akan menghancurkan atom-atom itu pula dan merubah ciri kimiawi mereka.

apabila partikel-partikel ini menyentuh sel-sel hidup di dalam tubuh manusia, partikel-partikel itu dapat membakar hangus atau merusak kulit manusia, membinasakan sel-sel darah merah, dan menyebabkan perubahan pada sel-sel yang lainnya..

jadi, di satu pihak, radio aktif ini bisa memiliki daya guna yang luar biasa besarnya bagi manusia, tetapi di lain pihak radio aktif juga bisa berbahaya bagi keselamatan manusia, serta radio aktif memilki bersifat merusak.

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel