Selulose Dan Apakah Selulose Itu Dan Apa Manfaatnya - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Selulose Dan Apakah Selulose Itu Dan Apa Manfaatnya

Selulose Dan Apakah Selulose Itu Dan Apa Manfaatnya

Apakah Selulose Itu - Bagian yang lunak pada jaringan tubuh tumbuh-tumbuhan terdiri sebagiam besar dari selulose, oleh karena adanya selulose inilah tanaman itu bisa melengkung dan memiliki sifat lentur.

hampir semua tanaman yang berwarna hijau menghasilkan zat selulose untuk keperluan dirinya sendiri. zat selulose terbuat dari unsur-unsur kimia seperti yang terdapat pada gula, kaitu karbon, hidrogen, dan oksigen.

Gambar Selulose Dan Apakah Selulose Itu Dan Apa Manfaatnya


unsur-unsur ini dapat kita temukan pada di udara dan air, zat gula yang dibentuk pada daun diserap ke dalam jaringan air tanaman itu dan disebarkan ke seluruh bagian tubuh tanaman itu. sebagian besar dari zat ini ditempatkan pada bagian tanaman di mana terjadi proses pertumbuhan atau pembaharuan sel-sel yang telah mati.

sebagian dari zat gula itu dirubah menjadi selulose, tanaman menggunakan zat selulose ini untuk membentuk dinding sel baru.

Selulose adalah salah satu produksi alam yang tidak dapat ditiru oleh manusia secara kimiawi di dalam laboratorium. tetapi tentu saja, manusia bisa menggunakan selulose itu untuk bermacam-macam keperluan.

manusia dapat memperoleh selulose dari tanaman sekalipun tanaman itu sudah mati dan seluruh jaringan zat air telah kering dan menguap, misalnya bahan baku kapas adalah salah satu bentuk selulose dalam keadaannya yang murni, yang dapat kita peroleh dari alam, dan manusia menggunakan serat kapas itu intuk membuat kain.

selulose membentuk sebagian besar makanan yang kita gunakan, misalnya sayur slada dan seledri, selulose tidak dapat dicernakan oleh tubuh manusia, tetapi selulose bermanfaat sekali dalam merangsang pencernaan sebagai bahan kasar penggiling.

kambing dan unta, serta hewan-hewan lainnya yang mempunyai bakteri tertentu di dalam perut binatang itu, sanggup mencernakan selulose dengan bantuan bakteri-bakteri itu.

selulose adalah bahan baku yang sangat berharga yang dipakai orang untuk menghasilkan berbagai macam produksi barang-barang penting dan bermanfaat. kapas, yang 99,8 persen adalah selulose, mungkin merupakan contoh yang paling mencolok tentang apa yang bisa diperbuat manusia dengan serat-serat selulose itu.

apabila kapas itu diolah dengan suatu campuran bahan asam nitrat dan asam belerang, maka kita akan memperoleh kapas mesiu yang bisa meledak.

dengan mengolah selulose melalui berbagai cara kimiawi kita dapat memperoleh lagi sejumlah bahan produksi lain dari selulose itu, beberapa dari produksi ini adalah : rolfilm atau bahan dasar kertas tentang asal-usul potret, bahan pengganti cat pernis, serat benang seperti rayon untuk keperluan industri tenun, bahan kertas pembungkus yang licin mengkilat dan kering, serta berbagai jenis produksi plastik lainnya, selulose juga dipakai di dalam industri pembuatan kertas.

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel