Mutiara Dan Berapa Ukuran Mutiara Terbesar Di Dunia - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Mutiara Dan Berapa Ukuran Mutiara Terbesar Di Dunia

Mutiara Dan Berapa Ukuran Mutiara Terbesar Di Dunia

Ukuran Mutiara Terbesar Di Dunia - Mutiara adalah benda yang memiliki keindahan yang begitu menarik, sehingga mutiara telah disimpan orang sebagai benda berharga selama ribuan tahun, sampai sekarang ini. sepanjang pengetahuan kita, orang-orang Tionghoa yang menemukan mutiara oertama kalinya.

Gambar Mutiara Dan Berapa Ukuran Mutiara Terbesar Di Dunia

orang Tionghoa mendapatkannya di dalam kulit kerang yang mereka ambil dari dalam sungai yang tidak seberapa dalam kurang lebih 4000 tahun lalu. menjelang abad ke enam atau abad ke tujuh sebelum masehi, orang sudah menemukan mutiara sepanjang pesisir laut India, Persia dan Sri Langka.

mutiara paling besar yang pernah ditemukan orang berukuran dua inci panjangnya dan empat inci luas bundarannya, cara lain untuk mengukur mutiara adalah dengan menimbangnya.

mutiara yang dikenal dengan nama "mutiara harapan" ini beratnya adalah 1.800 grain, sati "grain" mutiara adalah 50 miligram. mutiara lainnya yang berukuran besar adalah "mutiara Syah Sofia" yang memiliki ukuran kurang lebih 513 grain, mutiara "La Regente" memiliki ukuran besar 346 grain. dan mutiara La Pellegrina 111,5 grain.

tentu saja, timbangan berat serta ukuran bentuknya bukanlah satu-satunya cara untuk menentukan nilai sebutir mutiara, sejumlah mutiara punya bentuk yang tidak beraturan (disebut mutiara barok) dan ada oula lainnya mempunyai permukaan luar yang kasar.

biasanya seorang ahli permata dapat saja "menguliti" mutiara yang memiliki permukaan luar yang kasar itu dengan cara mengupas kulit sebelah luar sampai ia menemukan suatu lapisan yang lebih baik di lapisan sebelah bawahnya.

dengan ini pula terungkap rahasia bahwa mutiara itu terbuat dari lapisan-lapisan tertentu. lapisan apa dan bagaimana mutiara-mutiara itu terbentuk? mutiara dibuat dari bahan yang sma seperti yang terdapat pada kulit dinding kerang sebelah dalam pada bermacam-macam jenis kerang.

lapisan ini dibentuk dari air liur binatang kerang itu dengan maksud untuk menciptakan suatu dinding yang licin terhadap tubuhnya yang lunak.

bila secara kebetulan ada sebuah benda yang tersasar dan tidak menyenangkan bagi kerang itu, karena benda itu menyususo masuk ke dalam kulit kerang itu, maka binatang kerang akan membungkusnya dengan lapisan demi lapisan, sehingga itu menjadi indung mutiara.

adalah yang menjadi asal-muasal mutiara itu. lalu orang tiba pada suatu pemikiran bagaimana caranya untuk membuat mutiara itu dengan cara mengatur sendiri pembuatan itu. kalau memang binatang kerang itu senantiasa membungkus benda yang tidak kerang sukai, maka alangkah baiknya bilamana kita memasukkan saja sesuatu benda yang tidak disukai oleh kerang itu ke dalam kerang.

lalu biarkan kerang itu memulai tugasnya. jadi sebutir pasir, atau intisari bagi butir mutiara itu pun diselipkan orang diantara kulit kerang dengan melakukan pembedahan pada binatang kerang itu. 

bahkan kadang-kadang diselipkan pada tengah-tengah badan binatang kerang itu, sebuah mutiara yang merupakan hasil bikinan sendiri semacam itu tentu saja bukan mutiara palsu atau bukan mutiara tiruan,melainkan mutiara asli, hanya caranya mulai membentuk mutiara itu adalah dengan jalan usaha manusia yang merangsang binatang itu untuk membentuk sebutir mutiara di dalam kerangnya.

Share this post

Related Posts

0 Response to "Mutiara Dan Berapa Ukuran Mutiara Terbesar Di Dunia"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel