Asbes Dan Apakah Asbes Itu - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Asbes Dan Apakah Asbes Itu

Asbes Dan Apakah Asbes Itu

Apa Itu Asbes - Banyak orang mengira bahwa asbes itu merupakan satu bahan penemuan modern. padahal asbes telah dikenal dan digunakan orang selama beribu-ribu tahun hingga sekarang. pada kuil-kuil kuno, asbes itu dipakai untuk keperluan sumbu obor dan untuk melindungi nyala api di atas madzbah.

dua ribu tahun yang lalu, orang-orang Romawi menggunakan asbes sebagai lembaran penadah abu mayat apabila diselenggarakan pembakaran mayat.


Gambar Asbes Dan Apakah Asbes Itu

bahkan tersebar legenda bahwa Raja Karel Agung mempunyai taplak meja yang terbuat dari asbes, bagaimana caranya mencuci taplak itu? caranya adalah dengan memasukannya ke dalam api untuk membakar noda-noda yang terdapat pada taplak asbes itu.

asbes berasal dari perkataan Yunani yaitu "asbestos" yang berarti "tidak dapat dipadamkan". sekarang kita terapkan pengertian ini pada sekelompok mineral yang mengandung serat, yang memiliki daya tahan terhadap api.

bahan mineral yang membantu asbes asbes berbeda jauh dalam tata susunannya daripada mineral lain, masing-masing jenis punya daya tahan, daya lentur, dan daya manfaat yang berbeda-beda pula. dipandang dari segi ilmu kimia, asbes itu biasanya terdiri dari bahan kapur silikat dan magnesium dan kadang-kadang mengandung zat besi.

oleh karena itu asbes terbuat dari serat, maka asbes itu sama coraknya dengan bahan kain dan bahan wol, perbedaannya terletak pada kelebihan sifat asbes yang menguntungkan, yaitu memiliki daya tahan terhadap panas dan api.

kegunaannya yang sangat bermanfaat dan sangat berharga ini banyak dimanfaatkan orang di bidang industri, sampai sekarang ilmu pengetahuan masih belum berhasil mencarikan bahan lain sebagai gantinya.

tidak ada bahan mineral yang kita ketahui bisa dipintal menjadi benang, ditenun jandi kain, atau diolah jadi lebaran-lembaran biasa kecuali asbes, para petugas yang bekerja di suatu instalasi dan banyak menghadapi kemungkinan bahaya api sangat sering mamakai perlengkapan pakaina yang terbuat dari asbes, termasuk topi helm, sarung tangan, pakaian pelindung dan sepatu pelindung dari api.

asbes dapat kebal terhadap suhu 2000 sampai 300 derajat Fahrenheit, bahkan ada jenis asbes tertentu yang bisa bertahan terhadap suhu setinggi 5000 derajat.

Amerika Serikat merupakan negara industri penghasil asbes terkenal di duni, separuh dari hasil barang-barang industri asbes di dunia dibuat di Amerika Serikat, tetapi hanya kurang dari lima persen bahan itu terdapat di Amerika Serikat ini.

penghasil bahan baku asbes terbesar di dunia adalah provinsi Quebec di Kanada, yang meliputi 75 persen dari produksi asbes di dunia.

asbes ditemukan dalam bentuk serat pada jenis batu-batuan tertentu, kadang-kadang bahkan diperlukan tenaga untuk menggalinya dari dalam tambang untuk memperoleh 50 ton batu-batuan yang menghasilkan satu ton serat asbes.

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel