Kenapa Padang Pasir Itu Kering Dan Panas - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Kenapa Padang Pasir Itu Kering Dan Panas

Kenapa Padang Pasir Itu Kering Dan Panas

Padang Pasir - sebuah padang pasir adalah sebuah tempat di mana bentuk kehidupan tertentu saja yang bisa bertahan hidup, sebab semua bentuk padang pasir berada dalam keadaan kekurangan uap air. ini berarti bahwa bentuk kehidupan yang cocok dengan suasana semacam ini hanyalah mahluk yang bisa bertahan hidup tanpa air atau hanya dengan sangat sedikit air.

Gambar Kenapa Padang Pasir Itu Kering Dan Panas

jumlah curah hujan sebagian besar menentukan jumlah jenis tanaman yang bisa hidup disekitar daerah tertentu. hujan lebat, misalnya, kita temukan di tempat yang terdapat banyak turun hujan. padang rumput membentang di daerah yang tidak begitu banyak curah hujannya, di daerah padang pasir yang jarang turun hujan, hanya beberapa jenis tumbuhan tertentu yang bertebaran disana yang bisa bertahan hidup.

padang pasir yang terik dekat dengan khatulistiwa, seperti Sahara di Afrika, terletak di daerah subtropis di mana udara menukik ke bawah sambil menjadi lebih panas dan kering dalam gerak perjalanannya itu.

itulah sebabnya daratan di wilayah seperti ini selalu berada dalam keadaan kering, tidak peduli wilayah itu terletak berbatasan dengan samudera, demikian pula halnya dengan padang pasir di Afrika Barat Daya dan di Australia Barat.

padang pasir yang terletak jauh dari khatulistiwa pada umumnya disebabkan oleh jaraknya yang jauh dari laut dan angin laut yang memiliki kadar uap air itu, hal ini juga bisa disebabkan oleh letak gunung yang berbeda diantara padang pasir itu dengan laut, gunung yang jadi penghalang dapat menangkap curah hujan dari sisi arah yang menghadap ke laut, sedangkan sisi sebelah dalam yang mengarah ke tempat di bawah angin tetap saja dalam keadaan kering.

kejadian semacam ini terkenal dengan istilah "daerah bayangan hujan". padang pasir Asia Tenggara terletak di daerah bayangan hujan dari pegunungan Himalaya dan Dataran Tinggi Tibet. padang pasir luas Great Basin di sebelah barat Amerika Serikat terletak di daerah bayangan hujan barisan pegunungan yang tinggi-tinggi di sebelah barat, seperti misalnya Sierra Nevada.

pada permukaannya suatu padang pasir itu tampak berada dengan padang pasir lainnya, di mana terdapat banyak pasir dalam keadaan berlimpah, angin akan membentuk bukit-bukit pasir, ini adalah padang pasir.

yang tanahnya terdiri dari pasir, tetapi ada pula padang belantara yang terdiri dari batu-batu karang atau batu-batu yang polos, yang membentuk dinding karang atau bukit karang yang indah megah, atau dataran tinggi yang kasar permukaannya dan curam bergerigi-gerigi. 

padang pasir lainnya seperti yang banyak terdapat di sebelah selatan baratdaya Amerika Serikat mengandung pegunungan karang yang tandus, dataran tinggi yang kering tanahnya, serta batu-batu kerikil. angin akan menyapu terbang bagian tanah yang halus serta meninggalkan batu-batuan. bentuk permukaan yang penuh dengan batu-batuan kerikil ini disebut "jalur landas padang pasir".

sebagian besar padang pasir mengandung sejumlah jenis kehidupan tanaman dan binatang tertentu. tanaman padang pasir sering memiliki daun-daun yang kecil atau tidak mempunyai permukaan daun sama sekali untuk menghindari penguapan air dari tanaman itu.

mereka juga mempunyai persediaan duri pada batan tubuhnya untuk mencegah binatang-binatang memakan tumbuhan itu, binatang yang hidup di padang pasir dapat bertahan hidup dalam jangka waktu yang lama tanpa minum air atau mengambil zat air dari tanaman atau dari embun malam.

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel