Kenapa Air Laut Rasanya Asin Dan Cara Menambang Garam Di Laut - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Kenapa Air Laut Rasanya Asin Dan Cara Menambang Garam Di Laut

Kenapa Air Laut Rasanya Asin Dan Cara Menambang Garam Di Laut

Kenapa Air Laut Rasanya Asin?  - sering kali kita menemukan hal-hal di atas bumi ini yang masih membuat kita penasaran, sebab  belum terdapat jawaban yang tepat untuk pertanyaan semacam ini, salah satu teka-teki yang kita hadapi adalah rasa asin yang terdapat pada air laut itu, bagaimana asal mulanya zat garam itu bisa berada disana?

Gambar Kenapa Air Laut Rasanya Asin Dan Bagaimana Cara Menambang Garam Di Laut


jawabannya adalah yang paling mudah yang dapat kita berikan, adalah bahwa kita tidak mengetahui dari mana asal kadar gara, yang begitu banyaknya pada air laut itu, yang kita ketahui adalah bahwa garam itu bisa melarut dalam air, jadi garam larut bersama air hujan dan masuk ke dalam lautan, zat garam yang terdapat pada permukaan bumi senantiasa melarut dan mengalir masuk kedalam lautan.

walaupun demikian kita belum yakin sepenuhnya apakah hal ini yang menyebabkan laut itu mengandung kadar garam, bila semua lautan dan samudera dikeringkan, maka akan tertinggal bahan garam dengan sangat banyak, sehingga cukup untuk membangun sebuah dinding garam yang tingginya 180 mil dengan tebal 1 mil, melilit mengelilingi dunia pada garis khatulistiwa, atau kita berikan bentuk lain kepadanya, maka hasil dari lautan dan samudera yang kering itu kita akan memperoleh timbunan garam 15 kali luas benua Eropa.

garam dapur yang biasa kita campur pada makanan itu berasal dari air laut atau air danau yang asi, dari sumber mata air yang mengandung garam, atau dari endapan garam yang terdapat pada batu-batuan, penumpukan zat gara, di dalam air  laut itu berkisar antara tiga persen sampai tiga setengah persen, laut yang terkurung, seperti halnya Laut Tengah dan Laut Merah, lebih banyak mengandung kadar garam daripada laut yang terbuka.

laut mati, yang mempunyai luas kurang lebih 340 mil persegi mengandung kira-kira 11.600.000.000 ton garam. rata-rata satu galon air laut mengandung kurang lebih seperempat pon garam, alur batu-batuan garam yang terbentuk di berbagai bagian dunia semuanya berasal dari endapan air laut yang menguap selama berjuta-juta tahun yang lampau, untuk membentuk batu-batuan garam diperlukan kurang lebih sembilan per sepuluh isi air laut itu untuk mengendap.

oleh sebab itu, besar dugaan para ahli bahwa cara terbentuknya alur batu-batuan garam itu mesti berasal dari laut  yang terkurung, sebab laut yang terkurung itu lebih cepat menguap airnya daripada laut yang senantiasa memperoleh air tawar yang segar ke dalam lautan. demikian halnya cara terbentuknya alur batu-batuan garam itu.

Cara Menambang Garam Di laut

kebanyakan bahan garam yang diperjual-belikan itu dapat ditambang dari batu-batuan garam, cara yang umum dipakai adalah dengan jalan menggali lubang-lubang sumur ke bawah tanah sampai mencapai alur landasan batu-batuan garam itu, kemudian dipompakan air jernih ke dalam alur batu-batuan itu melalui sebuah pipa, air itu akan melarutkan zat garam dari dalamnya dan melalui pipa yang lain pula, air yang sudah mengandung zat garam itu, dipompa sampai ke luar permukaan bumi.

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel