Bagaimana Gunung Es Terbentuk - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Bagaimana Gunung Es Terbentuk

Bagaimana Gunung Es Terbentuk

Cara Gunung Es Terbentuk - Gunung-Gunung Es dalam pandangan kita merupakan benda yang menarik dan mengasykan untuk di tonto, tetapi gunung-gunung es itu sebenarnya merupakan benda yang sangat berbahaya bagi kapal-kapal laut bilamana gunung es itu mengapung ke jurusan jalur perjalanan kapal.

Gambar Bagaimana Gunung Es Terbentuk

salah satu musibah terbesar yang pernah terjadi di lautan adalah disaat kapal "titanic" menabrak gunung es pada malam hari tanggal 14 April tahun 1912, sehingga 1.513 orang telah mati tenggelam menjadi korban.

sebuah gunung es adalah sepotong "Glester" yang mengapung lepas di daratan, terbentuknya gunung es ini oleh karena Glester, yang merupakan arus gelombang es yang meluncur turun itu, mendorong lembah-lembah es di daratan itu sampai mencapai laut, bagian ujung glester ini patah bila sampai di laut dan sisinya itulah yang mengapung menjadi gunung es.

sebagian glester itu tidak sampai berhasil mencapai laut terbuka, tetapi berhenti di lembah-lembah yang letaknya dalam dan berdinding curam. lembah-lembah itu disebut "fyord". gunung-gunung es itu mengapung terus menuju lautan dari fyord-fyord ini. beberapa arus Glester itu bagian ujungnya terkikis dengan sendirinya atau melebur sehingga dihempaskan kembali oleh ombak, dengan demikianlah tebentuknya semacam jalur "kaki"es, yang tengelam di bawah permukaan air, batang jalur es semacam ini sewaktu-waktu bisa patah remuk, lalu timbul dengan tiba-tiba di atas air sebagai gunung es.

bentuk dan ukuran besar gunung es itu berbeda-beda, yang kecil-kecil meliputi garis penampang 20 smpai 30 kaki dan sering disebut "growler' oleh para pelaut. tetapi yang lebih umum adalah gunung-gunung es yang berukuran ratusn kaki, bahkan ada gunung es raksasa yang pernah disaksikan orang dengan ukuran panjang setengah mil.

kadar es pada gunung es itu hanya meliputi delapan per sembilan beratnya bila dibandingkan dengan demikian hanya satu per sembilan dari gunung es itu yang muncul di ats permukaan air dan tidak kelihatan, jadi apabila kita melihat gunung  es yang muncul 150 kaki di atas permukaan air laut, maka besar kemungkinan gunung es itu membentang 1000 kaki di bawah permukaan air. jumlah es yang dikandung oleh sebuah gunung es adalah hampir-hampir tidak terbilang lagi. tahukah anda bahwa dari gunung es itu mempunyai berat yang berkisar smpai 200.000.000 ton?.

oleh karena gunung-gunung es itu membentang begitu luas di bawah permukaan air laut, maka mereka tidak mengapung menurut arah hembusn angin, melainkan mengikuti arus gelombang air laut.

sangat sering sebagian besar gunung es itu terbawa hanyut ke daerah yang lebih panas iklimnya, sehingga disitulah gunung es tersebut menjadi cair, sangat sedikit diantara gunung es itu yang dapat bertahan lebih lama bila telah berpapasan dengan arus teluk yang panas itu di sebelah timur New Foundland, Canada. 

tetapi justru gunung-gunung es itulah yang merupakan ancaman maut bagi kapal yang berlayar di sekitar perairan itu, maka oleh sebab itulah Dinas Keamanan Pengawalan Pantai Amerika Serikat membentuk suatu jaringan patroli tetap disekitar tempat ini untuk memberi isyarat peringatan kepada kapal-kapal tentang letak gunung es itu.

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel