Apakah Meteor Dan Bintang Apa Yang Memiliki Cahaya Paling Terang - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Apakah Meteor Dan Bintang Apa Yang Memiliki Cahaya Paling Terang

Apakah Meteor Dan Bintang Apa Yang Memiliki Cahaya Paling Terang

Apa Itu Meteor Atau Bintang Beralih Itu - Selama 4000 tahun lamanya manusia telah menyaksikan apa yang disebut "bintang beralih", ingin tahu bagamanakah bentuk bintang berlih dan dari mana asal bintang beralih itu. pada suatu saat orang beranggapan bahwa bintang-bintang itu datangnya dari kawasan dunia lain.

Gambar Apakah Meteor Dan Bintang Apa Yang Memiliki Cahaya Paling Terang


sekarang kita tidak menanggapinya sebagi "bintang" sama sekali. kita menyebutnya "meteor". benda-benda langit tersebut memiliki bentuk padat dan tidak melintas lewat atmosfer bumi.

pada saat sebuah meteor melintasi atmosfer bumi, kita bisa melihtnya dengan jelas karena pada saat beralihnya itu ia meninggalkan bekas cahaya yang panjang ke belakang. hal ini bisa terjadi karena timbulnya panas yang disebabkan oleh benturan dan pergeseran udara terhadap permukaan benda langit itu.

terdengar aneh, tetapi kebanyakan partikel meteor itu sangat kecil, kurang lebih besar ukuran biji kacang hijau sedangkan sebagian meteor mempunyai bobot yang berton-ton, kebanyakan dari meteor itu hancur binasa tidak tersisia lagi oleh panas pada saat melintasi atmosfer bumi, berjatuhan ke bumi setiap hari dan setiap malam, namun, oleh karena sebagian besar permukaan bumi kita ini terdiri air, maka biasanya sisa-sisa benda itu jatuh ke dalam samudera atau ke dalam danau.

meteor dapat muncul di ruang angkasa secara masing-masing dan bisa melayang ke segala jurusan, tetapi meteor itu menjadi begitu panas bila bersinggungan dengan lapisan atas atmosfer bumi sehingga kita melihat kilatan api berupa "hujan meteor".

dari mana datangnya benda langit meteor ini? ahli-ahli astronomi berpendapat sekarang ini bahwa bergerombolnya meteor itu secara periodik disebabkan oleh pecahnya komet menjadi berkeping-keping dan terlepas.

bila komet itu pecah, maka jutaan kepingan akan terus melayang di angkasa luas sebagai satu kelompok meteor atau satu berkas cahaya. kelompok meteor itu bergerak menuruti orbit atau jalur perjalanan yang sudah tertentu di ruang angkasa, satu kelompok semacam ini melintasi jalur perjalanan bumi setiap 33 tahun sekali.

apabila sekeping meteor jatuh ke permukaan bumi, maka ia disebut "batu meteorit", ia bisa saja jatuh ke bumi oleh karena kekuatan daya tarik bumi terhadapnya, pada Zaman Kerajaan Romawi dahulu kala, tahun 467 Sebelum Masehi, sebuah batu meteorit telah jatuh menimpa bumi. terjatuhnya batu meteorit itu dianggap sebagai satu peristiwa besar yang menggemparkan, sehingga dicatat dengan cermat oleh para ahli sejarah Romawi.

Bintang Apa Yang Memiliki Cahaya Paling Terang

pernahkah anda menatap ke langit dan mencoba-coba mencari bintang apakah yang memiliki cahaya paling terang?
tentu saja jumlah bintang yang anda saksikan itu tidaklah terbilang banyaknya. tetapi sebagian diantaranya yang paling terlihat tampak oleh mata biasa tanpa menggunakana teleskop atau teropong jarak jauh berjumlah kira-kira 6000 bintang. seperempat dari jumlah ini terlampau ke selatan letaknya sehingga sulit dapat dilihat dari Amerika bagian utara.

sejak zaman munculnya hli-ahli ilmu falak Yunani, kurang lebih 200 tahun lalu, bintang-bintang itu telah digolongkan menurut kekuatan daya tariknya yang kekuatan terang cahayanya. sampai pada saat penemuan teleskop, hanya ada enam jenis kekuatan daya tarik utama adalah yang diketahui orang-orang pada umumnya.

bintang-bintang yang mempunyai daya tarik utama adalah yang paling terang cahayanya. bintang-bintang yang tergolong pada kelompok yang memiliki daya tarik ke enam adalah yang paling lemah sinar cahayanya. bintang-bintang yang sinarnya lebih lemah daripada golongan keenam ini tidak bisa terlihat tanpa menggunakan teleskop. sekarang ini bintang-bintang dapat dipotret dengan bantuan teleskop modern sampai batas tingkat daya tarik yang ke-21.

sebuah bintang yang berada dalam tahap kedudukan suatu daya tarik tertentu adalah dua setengah kali lebih lemah cahayanya di bandingkan dengan sebuah bintang yang berada dalam satu tahap lebih tinggi dari sebelumnya.

ada terdapat 22 buah bintang yang tergolong pada daya tarik pertama, yaitu bintang-bintang yang tergolong pada daya tarik pertama, yaitu bintang-bintang yang paling terang sinarnya, dan bintang yang memiliki sinar paling terang adalah Bintang Sirius, yang memiliki daya tarik 1,6. ini berarti bahwa Sirius memiliki kekuatan cahaya terang 1,000 kali lebih kuat daripada bintang paling lemah cahayanya, yang dapat kita saksikan dengan mata kita tanpa menggunakan teleskop.

semakin rendah kita turun pada tahap daya tarik itu, semakin banyak jumlah bintang yang terdapat di dalam golongan masing-masing itu, jadi ada terdapat 22 bintang yang termasuk golongan daya nomor wahid atau paling baik dan 1.000.000.000 bintang yang tergolong pada daya tarik yang ke -20.

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel