Apa Itu Helium Dan Bagaimana Helium Ditemukan Serta Apa Manfaatnya - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Apa Itu Helium Dan Bagaimana Helium Ditemukan Serta Apa Manfaatnya

Apa Itu Helium Dan Bagaimana Helium Ditemukan Serta Apa Manfaatnya

Bagaimana Helium Ditemukan - Penemuan zat helium adalah merupakan semacam kisah detektif di bidang ilmiah, pada tahun 1868, seorang Sarjana Ilmu Alam di Inggris yang bernama Sir. Norman Lockyer sedang meneliti matahari dengan semacam alat yang bernama "spektroskop".

Gambar Apa Itu Helium Dan Bagaimana Helium Ditemukan Serta Apa Manfaatnya

alat spektroskop ini memberikan kemampuan kepada para ahli untuk mengenal unsur-unsur kimia dari setiap zat, oleh karena setiap zat itu membentuk semacam garis pada suatu spektrum.

pada saat itu ia menanggapi suatu garis yang aneh dalam spektrum yang sedang di teliti itu, unsur itu berasal dari suatu zat yang baru, suatu unsur yang bahkan belum dikenal orang di atas bumi ini, unsur baru itu disebut "helium", berasal dari perkataan Yunani "helios" yang artinya "matahari".

kemudian para ahli ilmu pengetahuan melakukan percobaan lebih lanjut untuk mengetahui dan melacak apakah unsur itu juga terdapat di atas bumi ini, tepat pada waktunya, setelah melakukan sangat banyak penelitian dan percobaan, mereka menemukan bahwa terdapat helium di dalam atmosfer kita ini, tetapi jumlahnya sangat sedikit sehingga di dalam 250.000 kaki kubik udara hanya terdapat satu kaki kubik helium.

percobaan lainya sedang dilakukan dan terus dilakukan orang dan menghasilkan penemuan bahwa radium mengeluarkan zat helium, apabila radium itu memancarkan sinar, salah satu bentuk dari sinar ini adalah "sinar alfa", yaitu atom-atom helium yang bergerak dengan kecepatan luar biasa.

helium ternyata merupakan unsur yang sangat berharga, helium sangat ringan sifatnya sehingga memiliki tenaga yang bis membuat melayang sesuatu di udara. oleh karena helium itu tidak peka terhadap api, maka sangat tepat bila digunakan untuk keperluan berbagai macam pesawat yang dapat dikendalikan dari darat, kapal udara untuk kepentigan angkatan perang,balon pengukur cuaca, dan berbagai kebutuhan yang lain.

Pemerintah Amerika Serikat beranggapan bahwa helium itu sangat penting sehingga mereka dengan sangat susah dan sulit untuk mencari sumber helium di lingkungan alam itu. di bagian tertentu di negara Amerika Serikat itu seperti di Texas, New Mexico, Kansas, terdapat unsur-unsur gas alam, telah ditemukan oleh para ahli bahwa gas ini mengandung satu atau dua persen helium.

oleh karena tidak ada sumber helium yang lain, yang bisa menyamai sumber ini, maka Amerika Serikat merupakan satu-satuan negara di dunia yang memiliki persediaan helium dalam keadaan yang sangat berlimpah, pada mulanya helium ini berharga sekitar 2.000 dollar per kaki kubik, sekarang zat helium ini dijual hanya dengan tiga keping mata uang setengah Penny untuk satu kaki kubik.

Manfaat Dari Helium

tahukah anda bahwa helium digunakan juga untuk keperluan pembuatan obat-obatan? helium digunakan sebagai alat pembantu bagi orang yeng menderita asma agar bisa bernafas lebih lega. 
juga kepada para penyelam dan untuk para oekerha tambang di dalam gua-gua tambang diberikan sedikit campuran helium dan oksigen untuk keperluan pernapasan agar mereka tidak merasa tercekik dan tidak mati lemas.

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel