Apakah Lumut Itu Dan Manfaat Lumut Digunakan Untuk Pembalut Luka - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Apakah Lumut Itu Dan Manfaat Lumut Digunakan Untuk Pembalut Luka

Apakah Lumut Itu Dan Manfaat Lumut Digunakan Untuk Pembalut Luka

Apakah Lumut Itu - di dalam hampir setiap hutan yang rimbun dan basah kita temukan sejenis tumbuhan kecil, yang merupakan suatu permadani hijau yang terbentang di atas permukaan tanah, sebagian besar tumbuhan ini adalah lumut.

Gambar Apakah Lumut Itu Dan Manfaat Lumut Digunakan Untuk Pembalut Luka


berbeda dengan tanaman kacang-kacangan atau sejenis buncis, tumbuhan lumut ini tidak mempunyai jaringan benang yang halus, yang merembet di atas permukaan tanah atau terkadang menyusup ke dalam tanah itu.

jaringan benang-benang itulah yang menyerap air dan bahan mineral dari dalam tanah. pada tubuh mereka tidak terdapat sistem penyaluran air disebelah dalam seperti yang memiliki tanam-tanaman besar, itulah sebabnya mereka hanya bisa tumbuh di tempat yng dalam keadaan lembap atau basah. 

itulah pula sebabnya mengapa lumut pada batang pohon sering kita temukan pada sisi pohon yang kurang atau tidak mendapat sinar matahari sama sekali. beberapa jenis lumut tumbuh di atas batu yang permukannnya basah, apabila batu itu smpai kering permukaannya, maka lumut itu ikut menjadi kering, tetapi lumut itu tidak mati, apabila keadaan basah itu datang kembali, maka lumut itu hidup kembali, dan tumbuh seperti semula.

ada terdapat ratusan jenis lumut yang berbeda-beda coraknya, salah satu bentuk lumut yang paling mudah dikenali adalah lumut putih, lumut putih bentuknya berupa gumpalan kecil-kecil mirip bantal peniti berwarna hijau muda, tumbuhnya di atas tanah yang basah, salah satu jenis yang terbesar adalah lumut yang memiliki tudung rambut, mengapa sampai disebut lumut yang memiliki tudung rambut? karena tubuhnya yang berupa kapsul itu diselubungi oleh semcam tudung yang berambut.

lumut rawa yang berwarna hijau muda keabu-abuan tumbuh di tanah yang berrawa-rawa. juga sering terdapat di tepi danau, di dalam kolam bahkan di danau-danau yang kecil dalam keadaan yang berlimpah lumut akan membentuk semacam rawa. 

daun-daunnya terdiri dari sel-sel besar mirip bentuk gentong yng bertugas untuk menyerap dan menampung air, oleh karena itu, lumut sering dipakai oleh pengusaha bunga-bungaan untuk jadi bahan pengawet tanam-tanaman untuk menjadi bahan oengawet tanaman supaya tetap segar.

lumut rawa pernah digunakan sebagai alat pembalut luka pada awal perang dunia pertama, oleh karena lumut memiliki kemampuan mengisap zt air, juga lumut bisa digunakan sebagai permadani hijau yang indah untuk sebuah akuarium tempat memelihara hewan selamender atau untuk memelihara kodok.

lumut rawa ini terdiri dari bahan lumut yang sudah terurai dan lain-lain zat tumbuhan, apabila dikeringkan, maka ia dapat digunakan sebagai bahan bakar.

ada sebagian orang mengatakan bahwa lumut itu sering diterapkan tidak pada tempatnya yang wajar, yang dinamakan orang dengan "lumut Irlandia" sebenarnya bukanlah lumut, melainkan sejenis rumput laut, begitu pula "lumut Spanyol" adalah sejenis tanaman yang bisa menghasilkan bunga bukanlah lumut.

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel