Definisi Gas Dan Bagaimana Gas Ditemukan - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Definisi Gas Dan Bagaimana Gas Ditemukan

Definisi Gas dan Bagaimana Gas Ditemukan

Beberapa ratus tahun lalu, di sebuah tempat bernama Delphi di Yunani, seorang gembala menemukan suatu hal yang aneh, suatu zat yang keluar dari dalam tanah dan telah membuat domba-domba bertingkah laku aneh dan menyebabkan orang-orang merasa pusing kepala lalu mengoceh dengan cara aneh ketika menghirup aroma zat itu.

Gambar Definisi Gas Dan Bagaimana Gas Ditemukan

orang-orang Yunani pada waktu itu menduga bahwa ini adalah roh para dewa, oleh karena itu mereka lalu membangun sebuah kuil di tempat itu,  pada hakekatnya apa yang mereka sebut "roh" itu tiada lain adalah gas alam.

Macam-Macam Gas

sekarang ini kita kenal tiga macam das utama, yaitu : gas alam, gas arang batu, dan gas cair. lapangan tambang gas alam terdapat di berbagai tempat di dunia ini, gas itu bertumpuk di bawah tanah di daerah itu sebagai akibat perubahan yang berlangsung dalam proses pembentukan lapisan kerak bumi.

dengan bantuan pipa-pipa besi panjang, gas yang berhasil ditekan ini , disalurkan ke kota-kota yang letaknya sampai beratus-ratus mil jauhnya, kebanyakan gas itu dipakai untuk keperluan industri dan baja. perusahaan-perusahaan yang berkecimpung dalam bidang sumber tenaga pun menggunakan gas sebagai sumber penerangan dan sumber tenaga.

gas arang batu dihasilkan dari arang batu yang sudah ditumbuk halus, yang dipanaskan di dalam dapur api yang besar dan tertutup, sehingga udara tidak dapat masuk, apabila panas suhu dalam dapur mencapai satu titik tertentu, maka arang batu itu menjadi lebur dan mengeluarkan zat gas, yang kemudian disalurkan lewat pipa-pipa.

gas itu ditampung dalam satu tangki besar, dimana sejumlah ampas debu arang batu itu dapat beralih, gas itu lalu disalurkan lagi lewat pipa-pipa yang di dinginkan oleh air dari bagian luar, memasuki sebuah alat yang bertugas sebagai saringan pembersih di mana kotoran-kotoran yang masih tertinggal bisa dikeluarkan.

akhirnya gas arang batu yang murni itu disalurkan dengan cara melewati sebuah alat meteran. sebelum gas itu keluar, gas di ukur terlebih dahulu volumenya, dari alat meteran itu gas disimpan dalam satu tempat penampungan, yang dihubungkan dengan pipa-pipa ke rumah-rumah dan pabrik-pabrik pemakai gas itu.
ampas peninggalan yang dihasilkan oleh gas arang batu itu berupa tir hitam tebal dapat merupakan bahan baku untuk produksi sampingan yang sangat berharga, seperti parfum, bahan penyamak, minuman keras, dan minyak, ampas yang tertinggal dalam dapur api gas itu disebut "coke" atau ampas arang batu.

sekarang ini penggunaan gas untuk keperluan penerangan sudah hampir punah, lebih dari 80 persen produksi gas ini ditujukan untuk bahan bakar pemasak dan pemanas di dalam rumah-rumah dan pabrik-pabrik, gas adalah bahan bakar yang bersih, sehingga banyak orang yang menyukai menggunakan gas, dan gas sangat mudah digunakan, tidak memerlukan biaya penampungan, dan tidak membutuhkan ongkos untuk membersihkan abu sisa pembakaran.

sekarang ini orang memanggang biji kopi, memasak makanan, merebus bubur, membakar roti dan kue-kue dengan bantuan api yang berasal dari gas, bahkan ada lemari es yang dijalankan dengan tenaga gas, di perusahaan binatu modern, uap pencuci pakaian kebanyakan terbuat dari tenaga gas, pemakaian gas sebagai bahan bakar pengganti minyak merupakan salah satu cara untuk mempertahankan udara menjadi bersih dan terbebas dari pengotoran asap atau polusi.

Share this post

Related Posts

0 Response to "Definisi Gas Dan Bagaimana Gas Ditemukan"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel