Teknologi Ketika Robot Mampu Beranak - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Teknologi Ketika Robot Mampu Beranak

Teknologi Robot Yang Mampu Beranak - Di jaman sekarang ini robot semakin menyerupai manusia, tidak hanya mampu bergerak atau mampu berbicara, kini robot juga memiliki kemampuan berkembang biak.

Awal Perkembangan Modular Cubes

Gambar Teknologi Ketika Robot Mampu Beranak


Jika Karel Capek masih hidup, mungkin penulis drama berkebangsaan Ceko ini akan tercengang, lihat saja. Istilah robot yang dia perkenalkan kini mengalami perkembangan yang sangat mengejutkan. Padahal robot hanya sebuah imajinasi yang dia munculkan dalam sebuah drama berjudul Rossum's Universal Robots pada tahun 1921. 

Siapa yang menyangka, robot mendapatkan perhatian serius dari para peneliti dan ilmuan. Begitu seriusnya para ilmuan dan para peneliti, kemampuan robot yang diciptakan sangat bervariasi. Dari robot yang sanggup berbicara, bisa bergerak, bisa berjalan, hingga robot yang bisa berkembang biak.

Kemampuan terakhir ditunjukan oleh robot buatan Cornell University, New York, Amerika Serikat. robot ini diberi nama Molecubes (berasal dari kata ) Modular Cubes. Seperti namanya, robot ini terbuat dari beberapa kubus modular, setiap kubus berbentuk sederhana, berukuran 4 inci.

Bukan sekedar kubus tentunya, didalam disematkan program komputer yang berisi penjelasan mengenai susunan robot. Selain itu, kubus ini dilengkapi dengan elektromagnet yang akan menempelkan diri dengan pasangan yang diinginkan kala "bereproduksi" atau mengkloning diri.

Bagaimana proses kloning robot tersebut berlangsung? Tidak lama, hanya dibutuhkan waktu 2,34 menit dalam proses yang cukup sederhana, Molecubes ditumpuk sebanyak empat buah secara vertikal, lalu salah satu dari tumpukan kubus itu akan memisahkan diri.

Kemudian tiga kubus yang tersisa akan mencari pasangan dengan mengambil kubus tambahan untuk membentuk robot baru, sedangkan kubus yang tadinya memisahkan diri juga akan membentuk diri sendiri (robot baru) yang identik dengan kubus-kubus sebelumnya.

Salah satu peneliti molecubes, Hod Lipson, mengatakan," hingga saat ini molecubes belum diaplikasikan dalam bentuk apa pun" tapi kemungkinan besar penemuan ini akan mewarnai perkembangan teknologi robot di kemudian hari.

Baca Juga Manfaat Teknologi Dalam Industri

Robot Untuk Teman Bercinta

Robot ternyata tidak hanya diciptakan untuk membantu pekerjaan manusia. Buktinya, ada juga robot yang dibuat untuk melayani hasrat seksual laki-laki. "robot-robotan" ini dikembangkan oleh seorang mekanik pesawat terbang, Michael Harriman, dari Nuremberg.

Memang tidak dapat dibayangkan betapa menggelikan bila bercinta dengan Android (boneka robot), yang jelas, robot ciptaan Harriman ini tidak terlalu kaku, bahkan boneka robot bisa mengeluarkan suara mengerang sehingga menambah hangat suasana bercinta.

Kesimpulan

Seperti manusia, robot ini bisa mengubah temperatur  badannya, karena dibawah kulit robot yang terbuat dari silikon disematkan alat pengatur suhu " dengan Begitu, akan menjadi lebih rill" kata Harriman. Harriman mengakui robot ciptaannya ini belum mencapai titik sempurna, namun ia berjanji akan terus mengembangkan boneka robot tersebut sehingga android dapat menjadi mirip manusia sesungguhnya.

Dalam ukuran standar, robot ini dijual dengan harga 5.000 poundsterling, bentuk dan ukuran buah dada dari boneka robot ini bisa dipesan secara terpisah. model selanjutnya mungkin akan dilengkapi dengan remote control atau peranti sentuh sederhana yang akan membuat robot bergerak dengan berekspresi.

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel