Bumi Dan Dari Bahan Apa Bumi Terbentuk - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Bumi Dan Dari Bahan Apa Bumi Terbentuk

Bumi Dan Dari Bahan Apa Bumi Terbentuk

Dari Bahan Apa Bumi Terbentuk? dan dapatkah anda menjawab pertanyaan ini! manusia telah berhasil menjelajahi bulan dan sedang melakukan penyelidikan terhadap planet-planet lainnya, namun, ia masih belum mengetahui secara tepat dari bahan apakah sebenarnya bumi ini.

dari ruang angkasa, bumi sebagian besar tampak berwarna biru. warna ini disebabkan oleh lautan yang menutupi lebih dari duapertiga permukaan bumi. wilayah daratan atau benua menutupi kurang dari sepertiganya. lapisan udara di atas permukaan bumi memang tipis, tapi memungkinkan kehidupan di bumi.


Gambar Bumi Dan Dari Bahan Apa Bumi Terbentuk

mari kita melihat kebelakang sejenak, dapatkah kita memberi jawaban terhadap pertanyaan tadi, dan ada jawaban terhadap pertanyaan ini sebagai berikut :

bumi adalah sebuah bola raksasa, yang sebagian besar terdiri dari batu-batuan, di sebelah dalam perut bumi, batu-batuan itu melebur, tetapi disebelah lapisan luarnya batu-batuan itu padat bentuknya, kurang dari sepertiga bagian permukaan bumi itu sendiri dari daratan lebih dari dua pertiga air.

marilah kita tinjau keadaan ini secara terperinci, lapisan sebelah luar bola bumi itu merupakan suatu kerak batu-batuan yang kira-kira 10 sampai 30 mil tebalnya, lapisan kerak bumi ini kadang-kadang sering disebut juga "lotosfir". bagian yang tinggi letaknya dari lapisan kerak bumi ini adalah daratan, sedangkan bagian yang rendah menampung air samudera, lautan yang menjorok ke dalam daratan, serta danau-danau.

seluruh lapisan air yang terdapat pada permukaan bumi ini, termasuk juga samudera, lautan, danau, sungai-sungai serta semua aliran air yang paling terkecil sekalipun disebut "hidrosfir".

manusia telah berhasil menyelidiki bagian yang paling luar saja dari kerak batu-batuan bumi, yang merupakan lapisan paling atas pada permukaannya, itulah sebabnya mengapa masih sulit bagi kita untuk mengatakan dengan tepat bagaimanakah sebenarnya keadaan bola bumi kita ini, dari sebelah dalamnya, pada saat kita menggali sumur atau membuat gua untuk keperluan penggalian tambang, akan ternyata bagi kita bahwa semakin dalam kita menggalinya, semakin tinggi terasa suhunya. pada dua mil dibawah permukaan tanah, kita akan menemukan suhu yang demikian tingginya sehingga cukup panas untuk dapat mendidihkan air.

tetapi para sarjana telah sanggup mengungkap perihal bagian dalam bola bumi kita dengan cara melakukan penyelidikan terhadap gempa bumi. mereka beranggapan bahwa beda peningkatan suhu ke dalam perut bumi itu tidak melebihi 10.000 derajat Fahrenheit. tentu saja suhu semacam ini sudah jauh sangat panas, karena hanya dengan suhu 2.200 derajat Fahrenheit saja telah mampu meleburkan batu-batu.

bagian kerak bumi ini terdiri dari dua lapisan, lapisan paling atas, yang membentuk daratan itu terbuat dari granit. dibawah lapisan granit ini terdapat satu lapisan tebal lagi yang terdiri dari batu-batuan yang sangat keras, yang kita sebut "basalt", para ahli ilmu pengetahuan berpendapat bahwa dalam pusat perut bumi ini terdapat sebuah bola raksasa yang terdiri dari besi yang lebur dengan garis penampang sepanjang 4.000 mil.

antara bola pusat dengan lapisan kerak batu-batuan itu terdapat semacam kulit rongga yang tebalnya kurang lebih 2.000 mil yang disebut "mantel" atau "jubah", diduga mantel atau jubah tersebut itu terdiri dari semacam batu-batuan yang disebut "olivine".

Yang Menyebabkan Siang Dan Malam

hampir semua tempat di bumi mempunyai waktu yang terang benderang yang disebut siang yang diikuti oleh waktu yang gelap atau disebut malam. siang dan malam terjadi karena bumi berputar pada porosnya (berotasi).

siang hari terjadi dibelahan bumi yang menghadap matahari. malam hari terjadi dibelahan bumi yang tidak menghadap matahari.

Yang Membuat Bumi Berbeda Dari Planet Lain

ada banyak hal yang membuat bumi berbeda dengan planet lain? bumi diselimuti air laut yang sangat luas, dan atmosfernya mengandung banyak oksigen. atmosfernya juga berfungsi seperti selimut yang menahan cukup panas, sehingga temperatur bumi tetap nyaman.

karena air, karena oksigen dan karena temperaturnya, bumi menjadi tempat yang cocok bagi mahluk hidup, minimal ada 1,5 juta jenis tanaman dan binatang yang hidup di bumi.

Bagaimana Bumi Terbentuk

bumi terbentuk sekitar 4,6 miliar tahun yang lalu, saat material-material diangkasa menyatu, dan pada awalnya bumi adalah bola besar cair. secara bertahap, bumi menjadi dingin, dan sampai akhirnya terbentuk atmosfer dan lautan.

lambat laun juga, bumi menjadi dunia kita sekarang dimana kita diam dan hidup. bumi tersusun atas lapisan batuan dengan inti besi. bumi masih terus berubah karena gelombang pada batuan di bawah kerak bumi bergerak memperlebar samudera dan memisahkan benua.

Data Bumi

Diameter di khatulistiwa : 12.756 km
Jarak rata-rata dari matahari : 149,6 juta km
Rotasi : 23 jam 56 menit
Waktu setahun : 365,25 hari
Temperatur permukaan : -89⁰C sampai 58⁰C
Satelit : 1 (bulan)

Penyebab Terjadinya Musim Di Bumi

perubahan iklim yang kita sebut musim, terjadi karena poros bumi menjadi miring. karena kemiringan ini, suatu tempat menjadi lebih condong ke matahari dan lebih hangat dibandingkan di tempat lain selama beberapa waktu.

inilah yang menyebabkan perubahan musim, tempat yang condong ke matahari mengalami musim panas, dan tempat yang condong menjauh mengalami musim dingin.

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel