Negara Mesir - Bentuk Pemerintahan, Perekonomian, Pertambangan, Dan Perindustrian Negara Mesir - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Negara Mesir - Bentuk Pemerintahan, Perekonomian, Pertambangan, Dan Perindustrian Negara Mesir

Negara Mesir - Bentuk Pemerintahan, Perekonomian, Pertambangan, Dan Perindustrian Negara Mesir

Bentuk Pemerintahan Negara Mesir

Mesir merupakan negara dengan sistem pemerintahan Republik. Kepala negaranya disebut dengan Presiden dan Kepala Pemerintahannya adalah Perdana Menteri. Ibukota negara Mesir adalah Kairo yang dilalui oleh sungai Nil.

Gambar Negara Mesir - Bentuk Pemerintahan, Perekonomian, Pertambangan, Dan Perindustrian Negara Mesir


Letak Dan Luas Negara Mesir

Mesir terletak sebelah utara benua Afrika yang berbatasan dengan laut tengah disebelah utara dan Laut Merah di sebalh timur. sebelah barat berbatasan dengan Libia dan sebelah selatan berbatasan dengan Sudan.

Mesir terletak antara 25⁰ BT - 35⁰ BT dan 22⁰ LU - 32⁰ LU dengan luas 997.739 km². Terusan Suez yang dibangun Ferdinand de Lessen (orang Perancis) membangun terusan untuk menghubungkan Laut Tengah dan Mesir.

Iklim Negara Mesir

berdasarkan letak memberi iklim tropis tetapi karena luasnya Benua, maka angin yang berhembus ke arah Mesir sifatnya kering, sehingga membentuk gurun pasir dengan curah hujannya antara 100-200 mm per tahun. sedangkan suhu udara pada bulan Mei sampai bulan Oktober adalah 45⁰C dan bulan November sampai April mencapai 17⁰C.

Keadaan Alam Negara Mesir

Mesir secara fisik dibagi menjadi 3 bagian, yaitu :

1. Gurun 

gurun yang terletak disebelah barat disebut gurun barat dan sebelah timur disebut gurun timur. karena sumber air yang diandalkan penduduk Mesir adalah Oase-Oase

2. Oase

daerah yang dilalui oleh Sungai Nil, sehingga lahan sepanjang sungai Nil dapat diairi sungai ini, sedangkan Delta terletak di muara Sungai Nil. lebar daratan alluvial sepanjang sungai Nil sekitar 16 meter

3. Semenanjung

semenanjung Saini merupakan plato dengan puncak tertingginya gunung Katherin (2.637). pada semenanjung Saini ini terletak Terusan Suez.

Flora Dan Fauna Negara Mesir

dengan iklim kering tidak memungkinkan tumbuhnya berbagai macam tumbuhan, kecuali tumbuhan yang dapat bertahan kekeringan dari kekeringan. tumbuhan yang ada adalah semak belukar yang tumbuh sekitar Oase, pohon kurma dan pohon kaktus, hewan yang dapat hidup pada wilayah ini yaitu binatang unta dan kambing.

Penduduk Negara Mesir

kondisi iklim mempengaruhi aktivitas penduduk di Negara Mesir, karena itu kemungkinan penduduk sebagian besar (95%) di sepanjang Sungai Nil dan Oase-Oase. jumlah penduduk Mesir sekitarkurang lebih 58,9 juta jiwa dengan pendapatan perkapita kurang lebih sekitar US $ 630 per kapita. penduduk Negara Mesir terdiri atas 3 suku bangsa yaitu : Hamit, Nubia dan Arab.

Perekonomian Negara Mesir

aktivitas penduduk negara Mesir dilakukan sepanjang Sungai Nil, karena lembahnya merupakan tanah Alluvial yang subur, sehingga sepanjang sungai Nil dijadikan daerah pertania. produk pertanian negara Mesir berupa kapas (no 1) Millet dan Jagung. tahun 1902 dibuat bendungan yang dikenal dengan bendungan Aswan untuk mengairi daerah pertanian yang membentuk Danau Nasser.

Pertambangan Negara Mesir

Mesir merupakan negara penghasil barang tambang yang dibutuhkan industri seperti minyak yang ditambang di pantai barat Sinai da Teluk Suez, Depresi Qatar, el Alamien, juga Mesir menghasilkan Bijih Besi, Fosphat, garam, mangan, gips, timbal dan asbes.

Perindustrian Negara Mesir

sebagai penghasil kapas, maka Mesir mengembangkan industri tekstil dan industri penyulingan minyak

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel