Negara Brazil - Bentuk Pemerintahan, Letak Dan Luas, Iklim, Keadaan Alam, Perekonomian Dan Perindustrian Brazil - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Negara Brazil - Bentuk Pemerintahan, Letak Dan Luas, Iklim, Keadaan Alam, Perekonomian Dan Perindustrian Brazil

Negara Brazil - Bentuk Pemerintahan, Letak Dan Luas, Iklim, Keadaan Alam, Perekonomian Dan Perindustrian Brazil

Brazil memiliki bentuk pemerintahan dengan sistem pemerintahan Republik Federal. kepala negara dan kepala pemerintahannya adalah Presiden. negara Brazil memiliki Ibukota Brazillia.

Gambar Negara Brazil - Bentuk Pemerintahan, Letak Dan Luas, Iklim, Keadaan Alam, Perekonomian Dan Perindustrian Brazil

Letak Dan Luas Negara Brazil

Brazil merupakan negara yang luas di kawasan Amerika Selatan dengan luas 8.500.000 km². secara geografis negara Brazil ini di sebelah utara berbatasan dengan Venezuela, Guyana, Suriname, Guyana (Perancis), sebelah selatan berbatasan dengan Bolivia, Paraguay, Argentina, Uruguay, sebelah barat berbatasan dengan Kolombia, Peru dan sebelah timur berbatasan dengan Samudera Atlantik.

Brazil terletak antara 35⁰ BB - 74⁰ BB dan 5⁰ LU - 33⁰ LS dari letak ini menunjukkan bahwa Brazil merupakan negara yang terletak di daerah tropis. curah hujan yang tinggi ditunjukkan dengan kondisi alam yang masih perawan seperti hutan Amazone.

Iklim Negara Brazil

meskipun berdasarkan letak harusnya Brazil beriklim tropik, tetapi bentuk muka bumi mempengaruhi terbentuknya iklim lain, faktor fisis yang memperngaruhi variasinya iklim di Negara Brazil Yaitu :
  • luas benua
  • pegunungan
  • arus panas

angin yang datang dari samudera Pasifik terhalang pegunungan Andes sehingga angin yang masuk ke wilayah Brazil panas dan kering, sedangkan angin dari laut hanya mencapai pantai dan arus laut berasal dari Equator bergerak ke wilayah Brazil yang mempengaruhi suhu menjadi bertambah. karena iklim tropik juga terbentuk iklim stepa.

Keadaan Alam Negara Brazil

berdasarkan keadaan alamnya, Brazil dibagi menjadi beberapa daerah seperti berikut ini 

1. Ledok Amazone

Ledok Amazone ini yang terdapat di wilayah utara Brazil, daerah ini merupakan daerah endapan dengan curah hujan tinggi, sehingga membentuk hutan tropis Amazone treluas

2. Dataran tinggi Brazil 

dataran tinggi Brazil yang memanjang sejajar dengan pantai sebelah timur

3. Daerah Pantai Timur

4. Daerah Brazil selatan


Flora Dan Fauna Negara Brazil

hutan tropis yang berkembang di daerah Amazone berkembang jenis pohon tropis. hutan ini merupakan tempat hidupnya berbagai macam hewan tropis. pada sungai Amazone hidup ikan piranha, sedangkan di hutannya hidup hewan seperti : iguana, harimau, tapir, buaya, macam-macam burung, kupu-kupu, dan kura-kura.

Penduduk Negara Brazil

wilayah yang luas sekitar 4x wilayah daratan Indonesia. memiliki jumlah penduduk 155.3 juta jiwa dengan angka pertumbuhan 1.7 % per tahun. sebagian besar penduduk negara Brazi tinggal di daerah pantai timur dan pantai tenggara.

penduduk asli negara Brazil adalah Indian, tetapi pada zaman dahulu terjadi migrasi orang kulit putih yang membawa orang Negro sebagai buruh perkebunan, antara penduduk asli dan migran terjadi pembauran yang membentuk perkawinan campuran seperti berikut ini :

1. Mulat

Mulat adalah turunan hasil perkawinan campuran orang kulit putih dan Indian

2. Mestis

Mestis adalah turunan hasil perkawinan campuran orang Negro dan orang Indian

3. Zambo

zambo adalah turunan hasil perkawinan campuran orang Kulit Putih dan Negro

dengan lahan yang cukup luas, kegigihan dan rajin, serta disiplin yang tinggi maka penduduk Brazil cukup melaksanakan pembangunan. pembangunan penduduk Brazil cukup tinggi sekitar US $ 2.770 per kapita.

Perekonomian Negara Brazil

Brazil berkembang dan maju bukan karena industri, tetapi keberhasilan pertaniannya, karena pertanian merupakan mata pencaharian utama penduduk Brazil. produk pertanian Brazil adalah kopi (no.1), coklat, gula, tembakau, jagung dan buah-buahan tropis. daerah pertanian utama Brazil yaitu Sao Paulo Santos, Rio De Jainero. peternakan yang dikembangkan adalah babi, sapi, domba yang diternak di daerah dataran tinggi dan daerah padang rumput.

perkembangan Brazil didukung oleh sifat penduduknya yang ulet, rajin, disiplin sehingga Brazil merupakan negara berkembang yang maju dan paling stabil dalam bidang ekonomi.

Perindustrian Negara Brazil

meskipun Brazil merupakan daerah pertanian, tetapi wilayahnya menghasilkan barang tambang yang dibutuhkan oleh industri seperti : batubara, Wolfarm (Porto Alleger), mangan (Amapa). industri yang berkembang adalah Pulp, kertas, dan industri besi baja dengan pusat perdagangan yaitu di kota Rio Grande.

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel