Cara Pembuatan Media Fermentasi Di Luar Kolam Untuk Budidaya Belut - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Cara Pembuatan Media Fermentasi Di Luar Kolam Untuk Budidaya Belut

Cara Pembuatan Media Fermentasi Di Luar Kolam Untuk Budidaya Belut

Untuk membuat media fermentasi di luar kolam untuk budidaya belut membutuhkan beberapa bahan-bahan dan pengetahuan yang baik, karena cara kerja bahan-bahan untuk media fermentasi tergantung dari cara yang anda lakukan.

Gambar Cara Pembuatan Media Fermentasi Di Luar Kolam Untuk Budidaya Belut


Bahan-Bahan Pembuatan Media Fermentasi Di Luar Kolam Untuk Budidaya Belut

  • jerami padi dipotong kecil-kecil
  • pupuk kandang dihaluskan (kotoran kambing atau kotoran sapi)
  • EM4 sebagai fermentator
  • larutan gula pasir secukupnya
  • karung goni

Cara Kerja Media Fermentasi Di Luar Kolam Untuk Budidaya Belut

1. potongan jerami padi dicampur dengan pupuk kandang, langsung diaduk-aduk. lalu tambahkan larutan gula secukupnya. berikan setengan botol EM4 secara merat
media ditutup dengan karung goni atau dengan menggunakan terpal selama 7 - 10 hari media dibolak-balik.

2. masukkan media ke dalam kolam (tembok atau kolam jaring atau drum) sesuai dengan ukuran wadah. lalu tambahkan tanah kebun kurang lebih setinggi 15 cm. lakukan pemberian air secara bertahap karena dalam proses fermentasi, media harus basah. kemudian untuk mencegah media naik, perlu ditahan dengan menggunakan bambu gelondong yang ditata menyilang diatas kolam dan dibiarkan selama 7 - 10 hari.

3. media yang telah setengah jadi harus ditusuk-tusuk agar gas dalam media keluar. penusukan dilakukan setiap hari sekali selama 10 hari. hal ini dilakukan agar tidak banyak gas yang tertimbun di dalam media karena gas yang terlalu banyak menyebabkan belut mengalami keracunan.

4. jika gas tinggal sedikit, masukkan cincangan batang pisang sepanjang 5-10, tambahkan tanah kebun lebih kurang setinggi 10 cm, isi kolam dengan air setinggi 10 -20 cm diatas media. setelah itu, biarkan selama 10-14 hari.

Hasil Panen Budidaya Belut Dengan Cara Media Fermentasi

idealnya, belut berkembang dengan baik apabila media matang yang dihasilkan setinggi 50 cm, karena proses fermentasi mengakibatkan kolam air menyusut. jika media meyusut, langkah selanjutnya adalah memberikan pupuk kandang yang dimatangkan di luar wadah.

untuk mematangkannya, pupuk kandang dicampur dengan EM4 dan tanah secukupnya, lalu didiamkan selama 1 minggu. kemudian pupuk diaduk dengan tanah, setelah itu bisa diberikan ke dalam media yang menyusut tadi hingga diperoleh tinggi media yang sesuai dan ideal bagi kolam belut.

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel