Apa Itu Cuaca Dan 5 Alat Pengukur Cuaca Dan Iklim - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Apa Itu Cuaca Dan 5 Alat Pengukur Cuaca Dan Iklim

Pengertian Cuaca Dan Alat Pengukur Cuaca Dan Iklim

Cuaca adalah keadaan atmosfer disuatu tempat yang tidak luas pada saat tertentu dan biasanya tidak berlangsung lama (biasanya selama 1 sampai 14 hari). keadaan cuaca berubah-ubah sesuai dengan hasil pencatatan terbaru.

cuaca dikatakan baik apabila hari cerah dan hari tidak berawan. cuaca dikatakan buruk apabila hari mendung dan turun hujan lebat.

Gambar Apa Itu Cuaca Dan 5 Alat Pengukur Cuaca Dan Iklim


5 Alat Pengukur Cuaca

1. Termometer

Termometer adalah alat pengukur suhu udara. termometer yang umum digunakan adalah termometer maksimum dan termometer minimum. termometer maksimum digunakan untuk mengukur suhu maksimum sedangkan termometer minimum digunakan untuk mengukur suhu minimum.

termometer berisi alkohol dan air raksa. apabila suhu naik, alkohol pada tabung sebelah kiri akan turun dan mendorong air raksa, sehingga air raksa akan naik.

suhu maksimum dicatat menurut angka yang terbaca dibawah indeks sisi kanan. indeks ini berbatasan langsung dengan air raksa. apabila suhu turun, kondensasi pada bagian tabung akan berbentuk kerucut. hal ini mengakibatkan alkohol tabung di sebelah kanan menjadi turun.

turunnya alkohol di tabung kanan mendorong air raksa turun sehingga air raksa di sebelah kiri akan naik. suhu minimum dicatat menurut angka di bagian bawah indeks metal pada tabung kiri yang berbatasan langsung dengan air raksa.

suhu harian diperoleh dengan cara menentukan rata-rata suhu sepanjang hari atau selama 24 jam. pencatatan suhu dapat juga dilakukan setiap satu jam sekali. suhu rata-rata harian dapat dihitung dengan rumus berikut :

rata-rata suhu maksimum + rata-rata suhu minimum : 2 = ?

suhu bulanan diperoleh dengan menentukan rata-rata suhu harian selama satu bulan. suhu tahunan diperoleh dengan menentukan rata-rata suhu harian (atau bulanan) selama periode satu tahun.

suhu udara juga dapat diukur dengan termometer pencatat yang disebut termograf. pengukuran suhu udara pada termograf dilakukan selama jangka waktu tertentu, misalnya dalam satu hari. hasil rekamannya dinamakan termogram. dan suhu tertinggi biasa dicapai pada pukul 15:00 (sore) dan suhu terendah pada pukul 06:00 (pagi).

2. Higrometer

higrometer adalah alat pengukur kelembapan udara. higrometer yang umum digunakan adalah higrometer basah dan kering. higrometer terdiri atas dua buah termometer berisi air raksa. sebuah higrometer ada juga yang dilengkapi dengan sebuah pena dan gulungan kertas pada drum untuk mencatat kelembapan relatif udara.

pena higrometer akan menggores dengan sendirinya pada kertas pencatat. goresan ini akan menunjukkan besar kelembapan relatif udara pada saat tertentu. higrometer yang dilengkapi dengan pana dan gulungan kertas ini disebut higrograf.

hasil pencatat kelembapan udara pada gulungan kertas ini disebut higrogram. hari (tanggal) dan jam tertulis ditepi atas kertas, sedangkan kelembapan relatif udara tertulis pada tepi kiri higrogram. hasil pencatatan ini, digunakan untuk meramalkan lebih teliti lagi tentang cuaca pada hari berikutnya.

3. Alat Penakar Hujan

curah hujan adalah banyak sedikitnya hujan yang jatuh di atas permukaan bumi, banyak sedikitnya curah hujan yang jatuh diatas permukaan bumi dinyatakan dalam ukuran milimeter (mm).

curah hujan diukur dengan alat penakar hujan, ada dua jenis penakar hujan yaitu : penakar hujan biasa dan pencatat hujan otomatis. alat penakar hujan tersebut berfungsi mengukur hujan yang jatuh selama 24 jam. alat tersebut terdiri dari sebuah panadah hujan dan sebuah silinder pengukur.

alat pengukur hujan harus diletakkan di ruang terbuka dan diletakkan sedemikian rupa agar tidak jatuh dan tertiup angin. air hujan yang masuk kedalam penakar selama satu hari, selanjutnya akan diukur dengan silinder pengukur.

pencatat hujan otomatis langsung mencatat curah hujan pada kertas yang dipasang pada alat tersebut. kertas pencatat sama seperti kertas barogram, tetapi pada sisi kiri kertas ditandai dengan angka dan curah hujan.

4. Barometer

barometer adalah alat pengukur tekanan udara. tekanan udara adalah berat udara dalam atmosfer per satuan luas. udara mempunyai sifat yang meluas dan dapat ditekan. tekanan udara terbesar dijumpai pada permukaan bumi, semakin ke atas tekanan udara semakin kecil. di dekat permukaan bumi, udara menimbulkan tekanan sebesar 105 Newton /m² (1 bar).

barometer juga berisi ir raksa. dalam keadaan standar, air raksa dalam barometer dapat menahan berat sekolom air raksa setinggi 760 mm atau 1.013 mb. standar tersebut dinamakan standar atmosfer. barometer lain yang tidak menggunakan air raksa adalah barometer aneroid.

barometer aneroid yang menggunakan pencatat disebut barograf. barograf terdiri dari drum semi vakum yang sensitif terhadap perubahan tekanan udara. drum dihubungkan dengan alat pencatat yang dihubungkan dengan kertas pencatat.

5. Anemometer

arah angin dapat diketahui dengan alat berupa baling-baling angin. sebuah kantong angin juga dapat digunakan untuk mengetahui arah angin. pada umumnya, kantong angin dapat kita jumpai di lapangan terbang. dalam perkembangannya, arah angin diukur dengan alat yang dinamakan anemometer. anemometer juga dapat digunakan untuk mengukur kecepatan angin.

kecepatan angin diukur dalam satuan knot. seorang ilmuan bernama Beaufort membuat perbedaan pengaruh yang ditimbulkan oleh kecepatan angin berdasarkan skalanya. skala tersebut kemudian dinamakan skala Beaufort. skala kecepatan angin ini diberi satuan angka 1-12.

Share this post

Related Posts

0 Response to "Apa Itu Cuaca Dan 5 Alat Pengukur Cuaca Dan Iklim"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel