5 Kewajiban Suami-Istri Dan 6 Larangan Yang Tidak Boleh Dilakukan Oleh Suami-Istri - Tempat Informasi -->

Sponsor:

5 Kewajiban Suami-Istri Dan 6 Larangan Yang Tidak Boleh Dilakukan Oleh Suami-Istri

informasitempat, Kewajiban Suami-Istri Dan 6 Larangan Yang Tidak Boleh Dilakukan Oleh Suami Istri - Dalam pernikahan, seorang suami dan seorang istri harus mengetahui apa saja yang menjadi kewajibannya, karena tidak hanya melayani suami, seorang istri harus berbuat kewajiban seperti mengasuh dan mendidik anak-anak. Begitupun dengan seorang suami, seorang suami tidak hanya memiliki kewajiban sebagai pencari nafkah saja, tapi juga harus andil dalam membahagiakan istri dan anak serta kelaurganya.

Yang Harus Dilakukan Oleh Suami-Istri

Disini akan diuraikan bagaimana kewajiban suami dan bagaimana kewajiba istri, dan disini juga akan diuraikan tentang apa saja yang tidak boleh dilakukan oleh istri dan apa saja yang tidak boleh dilakukan oleh suami. Mari kita simak penjelasannya berikut ini.


Gambar 5 Kewajiban Suami-Istri Dan 6 Larangan Yang Tidak Boleh Dilakukan Oleh Suami-Istri


Kewajiban Bersama Suami Dan Istri

Selain kewajiban yang harus dijalani masing-masing, dalam islam juga menerangkan adanya kewajiban yang menjadi tugas bersama pasangan suami istri, dan kewajiban suami-istri itu antara lain adalah :

1. Berbuat baik kepada keluarga pasangan masing-masing. hubungan dengan anggota  keluarga sering menjadi besar dalam hubungan suami dan istri. Walau telah menikah dan memiliki keluarga baru, ada kewajiban suami dan istro untuk berbuat baik kepada keluarga pasangannya.

2. Saling membantu dalam menjalankan tugas rumah tangga, ini juga merupakan kewajiban umum untuk bergaul dengan orang lain dan tolong menolong di dalam rumah tangga.

3. Memelihara, mengasuh dan mendidik anak-anak dengan sebaik mungkin. Karena hal ini yang sering dilupakan oleh suami.memelihara, mengasuh dan mendidik anak bukan hanya tugas bagi seoarang istri saja, tapi juga tugas seorang suami. Sehingga kesalahan yang dilakukan anak adalah tanggung jawab bersama antara suami dan istri.

4. Menjaga dan mengekalkan kasih sayang dan kesetiaan dalam perkawinan, hal ini merupakan tugas bersama suami-dan istri. Termasuk juga selalu berada dalam koridor keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan.

5. Menyimpan rahasia rumah tangga, hal ini termasuk mengenai rahasia si dalam kamar tidur.

6 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Oleh Suami Dan Istri

1. Menyakiti perasan atau hati pasangan, hal ini sangat sering terjadi, terkadang kita tidak menyadari bahwa pasangan kita sakit hati dengan perkataan yang kita ucapkan.

2. Melupakan kebaikan pasangan, sangat sering kita lupa dengan kebaikan-kebaikan yang dilakukan pasangan, dan sering mengingat keburukannya. Padahal dengan mengingat kebaikannya, cinta dalam rumah tangga akan lebih mudah dipelihara. Bahkan untuk mereka yang selalu melupakan kebaikan pasangannya jika mencoba mengingat kebaikan pasangan, maka secara otomatis rasa cinta dan sayang akan tumbuh dengan sendirinya.

3. Mengungkit harta yang telah diberikan pada pasangan. Kehidupan rumah tangga memang sering mengalami cobaan, termasuk masalah keuangan. Ada satu saat dimana istri harus menanggung beban keuangan keluarga. Dan ini tentu saja atas dasar keikhlasan istri dan izin suami. Jika demikian terjadi, janganlah anda mengungkit-ngungkit pemberian tersebut.

Baca Juga 8 Hal Penting Sebelum Melakukan Perjanjian Pisah Harta

4. Mengambil harta suami tanpa izin, jika suami sudah mencukupi semua kebutuhan, namun istri masih merasa kurang hingga akhirnya mengambil harta atau uang suami tanpa izin, maka jika anda melakukan hal tersebut itu sama saja dengan dosa 70 orang pencuri.

5. Membicarakan pelayanan suami atau istri di kamar tidur. hal ini merupakan aib yang harus ditutupi kepada orang tua, ingatlah bahwa istrimu adalah pakaian bagimu, demikian pula dengan suamimu adalah pakaian bagimu. Oleh karena itu, jangan sampai kekurangan yang ada pada pasangan kita sampai keluar dari rumah kita dan terdengar oleh orang lain. Menjelekkan pasangan kita sama saja dengan mengotori pakaian kita sendiri. Bila ada masalah sebaiknya diselesaikan dengan kepala dingin, bahkan dapat pula diselesaikan di tempat tidur pula.

6. Melarang istri menunutut ilmu. selama istri mampu melaksanakan kewajiban, suami tidak boleh melarang istri untuk keluar menuntut ilmu. Namun istri juga tidak boleh keluar rumah tanpa seizin suami. ini adalah hubungan timbal balik. Suami harus mampu memberikan kesempatan istri untuk mengembangkan kemampuannya.

Penutup

Demikian artikel tentang kewajiban suami dan istri serta hal yang tidak boleh dilakukan oleh suami istri, semoga artikel ini bermanfaat dan silahkan share kepada teman anda yang membutuhkan.

Baca Juga Makna Dari Bahagia Hidup Berumah Tangga Dalam Islam

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel