Sejarah Karel Agung Raja Dari Roma - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Sejarah Karel Agung Raja Dari Roma

Sejarah Karel Agung Dan Pemberian Mahkota Kepada Karel Agung - Kota Roma, kota besar dan kota kaya serta ibu kota kekaisaran yang luas, lalu hilang kemegahannya setelah diserbu Raja Attila dan bangsa barbar lain. Penduduk kota Roma melarikan diri, bangunan-bangunan di Kota Roma menjadi puing-puing dan sebagian besar telah hancur dan lenyap. Seiring kehancuran Roma, maka lenyap pula kekaisaran yang dahulu sangat megah dan sangat kuat.

Sejarah Karel Agung Raja Dari Roma


Gambar Sejarah Karel Agung Raja Dari Roma


Roma adalah tempat kedudukan Paus Leo III, Paus Leo III adalah pemimpin Gereja Katolik, Paus terancam juga oleh bangsa barbar. Pada suatu saat, lebih dari seribu tahun yang lalu, Paus Leo III meminta bantuan kepada Karel Agung, Karel Agung adalah Raja orang Frank, Karel Agung terkenal agung dan bijaksana.

Karel memimpin tentaranya ke Roma dan menggilas dan menghancurkan musuh Paus Leo III. Sebagai tanda terimakasih, Paus Leo III memberikan mahkota kepada Karel Agung sebagai kaisar pada malam Natal tahun 800, dan meminta semua orang Kristen untuk mengakui Karel Agung sebagai pemimpin. Itulah saat kelahiran kembali Kekaisaran Roma yang disebut "suci" kerena dikehendaki oleh Paus Leo III. Karel, Kaisar Roma pertama yang memerintah dengan sangat bijaksana dan Krel Agung memerintah dari tahun 742 sampai 814 Setelah Masehi. Tetapi ketika Karel Agung wafat, kekaisaran belum bersatu dan lambat laun menjadi pecah menjadi negara-negara merdeka.

Istri Karel Agung

Istri pertama Karel adalah Ermengarda, putri Desiderius, Raja Lombardia. Lalu Karel Agung merasa bosan dengan istrinya itu, lalu menceraikannya. dengan sedih Ermengarda kembali kepada ayahnya, dan Ermengarda tinggal di Biara sampai ia meninggal.

Karel Agung Adalah Raja Yang Adil

Karel menaklukkan wilayah bangsa-bangsa lain, seperti bangsa Avar, Denmark, Slav, Sakson dan Bavaria, tetapi Karel Agung memperlakukan mereka bukan sebagai wilayah  taklukan melainkan sebagai warga dari satu bangsa dan mempunyai hak yang sama dengan orang Frank.

Karel Agung Dan Orang Lombard di Italia

Desiderius tidak memaafkan tindakan semena-mena Karel Agung terhadap putrinya, dan menjadi musuhnya. Tetapi Karel mengalahkan Desiderius dan merebut semua wilayah yang diduduki orang Lombard di Italia.

Kepangeranan Dan Wilayah Batas Kekuasaan Karel Agung

Untuk memudahkan pemerintahan, Karel Agung membagi wilayah menjadi kepangeranan dan wilayah batas, sebagai penguasanya, Karel Agung mengangkat orang yang setia kepadanya dengan memberikan gelar Pangeran dan Markis.

Utusan Karel Agung

Pangeran dan Markis bertanggung jawab kepada raja atas segala tindakan dan pajak yang dipungut dari rakyat, untuk memeriksa pajak itu, Karel Agung mengirim pengawas yang disebut Misi atau Utusan.

Puri Benteng

Sepanjang tapal batas Karel Agung membangun Puri Benteng besar, beberapa diantaranya menjadi awal mula bakal kota penting seperti Halle dan Magdeburg, di Jerman. ibu kotanya Aachen.

Kesimpulan

Hanya sekali Karel Agung merasa tentaranya terpukul, yaitu di Roncesvalles, dipegunungan ke arah Spanyol, yang telah ditaklukkan oleh orang Islam, disana gugurlah Roland, pahlawan terkenal di Spanyol. Sekolah Yang Didirikan Oleh Karel Agung - Karel hanya dapat membaca sedikit, tetapi sangat menghargai kebudayaan, Karel Agung memerintahkan agar di setiap kota dan biara dibuka sekolah juga supaya generasi muda mendapatkan pendidikan dan ilmu pengetahuan.

Baca Juga Sejarah Raja Louis XIV Dari Prancis

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel