Salju Dan Mengapa Puncak Salju Itu Berbentuk Persegi Enam - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Salju Dan Mengapa Puncak Salju Itu Berbentuk Persegi Enam

Mengapa Puncak Salju Berbentuk Segi Enam

Salah satu benda terindah yang dipersembahkan oleh alam kepada kita adalah puncak salju, jika kita sengaja ingin membuat atau membentuk sebuah jonjot salju yang indah bentuknya, mungkin akan menghabiskan waktu yang lama untuk merancang dan membuatnya hingga selesai.

Gambar Salju Dan Mengapa Puncak Salju Itu Berbentuk Persegi Enam

namun pada saat-saat terjadinya badai salju yang biasa kita alami, ketika berjatuhan berbilyun-bilyun puncak salju ke arah bumi ini, dan anehnya, tidak ada dua buah puncak salju pun yang dapat kita temukan sama dan serupa bentuknya.

seperti kita ketahui, salju itu tiada lain adalah air biasa yang menghablur. barangkali anda akan bertanya, jika memang salju itu terjadi hanya dari air biasa saja,mengapa salju berwarna putih? apakaj salju itu tidak mengandung warna sama sekali? warna putih yang kita lihat pada salju itu sebenarnya disebabkan oleh kenyataan bahwa banyak segi permukaan es yang menghablur dan berupa gumpalan salju yang memantulkan cahaya. itulah sebabnya benda-benda itu terlihat berwarna putih.

bila air itu membeku, maka salju akan  membentuk kristal. ini berarti bahwa molekul-molekul air itu bersatu padu dalam satu tata susunan yang baru dan khusus menurut bentuk geometrik, perubahan ini kita sebut "kristal".

kebetulan bahwa satu molekul air itu terdiri dari tiga unsur, yaitu dua atom hidrogen dan satu atom oksigen. jadi kalau salju merubah dirinya menjadi kristal, maka salju harus membentuk tiga sisi atau lukisan yang berbentuk segi enam.

air yang membeku menjadi salju itu berbentuk uap air dalam atmosfir. pada saat salju membeku, kristal yang terbentuk itu demikian kecilnya, sehingga tidak mudah terlihat. tetapi bila salju itu sedang terbentuk, kristal-kristal ini dibawa melayang turun naik di dalam atmosfir oleh arus angin.

pada saat melayang turun naik itu, sekelompok kristal mulai bergerombol di sekeliling sesuatu yang bisa berupa apa saja. entah itu berupa titik debu, atau mereka berkerubng di sekitar satu titik air. kelompok kristal itu makin lama makin menjadi besar, sehingga dalam waktu yang singkat bisa terdapat ratusan kristal yang bergerombol sekeliling satu nucleus.

bila kelompok semacam ini menjadi cukup besar, maka ia mulai melayang menuju permukaan tanag, itulah yang kita sebut dengan jonjot salju. ada jonjot salju yang mempunyai lebar garis penampang lebih dari satu inchi. bentuk ukuran jonjot salju itu tergantung pada suhu, semakin dingin suhu di sekelilingnya, maka semakin kecil bentuk jonjot salju itu.

tahukah anda bahwa di beberapa bagian dunia ini jonjot salju pada berjatuhan dalam warna-warna biru, hijau, merah. bahkan hitam? hal ini disebabkan oleh karena terdapatnya semacam jamur tertentu atau debu dalam udara sekelilingnya di mana jonjot salju itu terbentuk.

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel