Oksigen Dan Apakah Oksigen Itu - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Oksigen Dan Apakah Oksigen Itu

Oksigen Dan Apakah Oksigen Itu

Apakah Oksigen Itu - Kadang kala kita membaca berita tentang suatu kejadian di mana orang "mati lemas". nah, ada satu hal yang dari padanya bisa kita tarik kesimpulan bahwa manusia memang tidak bisa hidup tanpa oksigen. tanpa menghirup zat oksigen itu manusia tidak mungkin hidup lebih dari beberapa menit.

Gambar Oksigen Dan Apakah Oksigen Itu


Oksigen adalah suatu unsur, bahkan unsur yang paling berlimpah-limpah, yang terdapat dalam alam kita ini. hampir separuh dari lapisan kerak bumi ini diliputi oleh oksigen, sedangkan selebihnya tidak kurang dari seperlima udara kita itu mengandung oksigen.

zat oksigen itu kita hirup masuk ke dalam paru-paru kita, oksigen dibawa oleh sel-sel darah merah kita melalui saluran yang tetap ke seganp penjuru jaringan sel-sel tubuh kita. disitu oksigen melakukan proses pembakaran terhadap zat makanan kita, menghasilkan panas yang kita perlukan untuk mempertahankan kelanjutan kegiatan organ tubuh manusia.

oksigen dapat dengan mudah berpadu hampir dengan semua unsur, bila senyawa ini berlangsung, maka proses itu kita sebut "oksidasi". bila mana proses oksidasi ini terjadi dengan sangat cepat sekali, maka yang kita alami adalah "kombusi" atau pembakaran.

hampir dalam semua proses oksidasi itu terjadilah panas yang dikeluarkan. dalam proses kombusi panas yang dikeluarkan begitu cepat, sehingga tidak ada waktu lagi untuk sempat terbuang jauh. sushu lalu menanjak luar biasa tingginya, dan nyala api pun muncul.

jadi, di satu pihak kita berhadapan dengan kombusi, yaitu proses oksidasi yang serba cepat dan menghasilkan nyala api, sementara di lain pihak kita mengalami jenis oksidasi yang membakar zat makanan di dalam tubuh kita dan mempertahankan kelangsungan proses kegiatan hidup kita.

tetapi proses oksidasi yang lamban, yang dilakukan oleh oksidasi di dalam udara, juga terdapat di mana-mana.

apabila kita melihat besi berkarat, cat dinding yang semula basah menjadi kering. minuman alkohol berubah menjadi cuka, maka ini berarti telah terjadi suatu oksidasi.

udara yang kita hirup itu sebenarnya adalah campuran utama antara nitrogen dan oksigen. jadi, kita bisa memperoleh oksigen murni dari udara. caranya adalah dengan mendinginkan udara sampai suhu yang demikian rendahnya sehinga ia berubah menjadi zat cair, suhu yang diperlukan ini lebih dari 300 derajat di bawah titik nol Fahrenheit.

begitu zat cair itu dipanaskan kembali di atas suhu tadi, maka air itu akan mendidih. dan dalam air yang mendidih keluar terlebih dahulu adalah zat nitrogen, sedangkan zat oksigen tetap tinggal di dalamnya.

banyak nyawa orang telah sempat diselamatkan dengan memberikan persediaan oksigen kepada mereka agar mereka bisa bernafas dengan mudah dan lega, apabila paru-paru mereka terasa mulai melemah.

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel