Apakah Air Itu Dan Proses Terbentuknya Air - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Apakah Air Itu Dan Proses Terbentuknya Air

Apakah Air Itu Dan Proses Terbentuknya Air

Apakah Air Itu - Air adalah suatu gabungan zat yang tidak mengandung rasa, bau, atau pun warna, yang membentuk sebagian besar kehidupan semua mahluk hidup di dunia ini, air terdapat dimana-mana termasuk di dalam tanah maupun dalam jumlah yang berbeda-beda di udara.

Gambar Apakah Air Itu Dan Proses Terbentuknya Air


setiap kali para ahli ilmu pengetahuan menyelidiki kehidupan di planet lain, maka pertanyaan yang paling sering mereka tanyakan adalah "apakah ada air di sana?" mengapa selalu diajukan pertanyaan demikian? sebab kehidupan tanpa air adalah hal yang sangat tidak mungkin.

mahluk hidup dapat mencerna dan menyerap zat makanan apabila zat makanan tersebut dilarutkan dalam air, jaringan sel hidup sebagian besar terdiri dari air, lalu terbuat dari apa air itu? air merupakan satu gabungan sederhana antara dua gas, yaitu : hidrogen, sejenis gas yang sangat ringan, dan oksigen, sebuah gas yang lebih berat tetapi aktif.

apabila hidrogen itu terbakar di dalam oksigen, maka terjadilah air, tetapi air tidak memiliki rupa mirip dengan unsur yang membentuknya, air mempunyai ciri khas tersendiri.

seperti halnya hampir semua benda-benda lain, air pun dapat terdiri dari tiga macam bentuk , Yaitu : bentuk cairan yang secara umum kita selalu saksikan itu, bentuk padat yang kita sebut dengan "es", dan bentuk gas yang kita sebut dengan "uap air". terserah bentuk mana yang di inginkan oleh air itu untuk menyatakan dirinya, pada umumnya hanya tergantung pada suhu saja.

pada nol derajat Celcius, atau 32 derajat Fahrenheit, air itu akan berubah bentuk dari zat cair menjadi zat padat. air mengalami proses pembekuan. pada suhu 100 derajat Celcius atau 212 derajat Fahrenheit, air itu berubah dari zat cair menjadi zat gas yang tidak terlihat lagi yaitu kita sebut "penguapan".

jadi bilamana sekeping balok es kita tempatkan di dalam suatu ruangan yang panas, maka air akan mulai mulai berubah menjadi zat cair, dan kita sebut proses ini adalah melebur atau mencair. bila ruangan itu cukup keras panasnya, maka sedikit air yang terbentuk dari batang es yang lebur itu akhirnya menghilang lenyap pula. zat cair itu telah berubah menjadi uap air, apabila air itu didinginkan, maka air akan mengembang sebelum ia mencapai titik beku.

air yang dalam wujudnya kita saksikan muncul di alam ini pada umumnya tidaklah pernah merupakan air dalam arti yang sesungguhnya, sebab air juga mengandung bahan-bahan zat lain yang telah berpadu dengannya seperti zat-zat mineral yang telah lebur, jenis gas-bag tertentu yang telah bersenyawa, dan organisme-organisme yang hidup

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel