Teknologi Komputer Dan Revolusi Komputer - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Teknologi Komputer Dan Revolusi Komputer

Teknologi Komputer Dan Revolusi Komputer - Revolusi komputer adalah salah satu kisah keberhasilan teknologi modern yang paling mengesankan, jika teknologi pesawat terbang sudah cukup maju selama lebih dari dua puluh lima tahun terakhir ini, maka harga pesawat jet modern sekarang ini cukup mahal.

Selain itu, pesawat tersebut bahkan sanggup mengelilingi dunia dalam waktu kurang dari setengah jam menggunakan sedikit sekali bahan bakar, itulah tanda betapa pesat kemajuan komputer dari segi daya hitung dan daya guna sementara merosot harganya.

Bagaimana Teknologi Komputer Berevolusi?


Gambar Teknologi Komputer Dan Revolusi Komputer


Komputer pribadi yang tersedia di pasaran sama besar daya hitungnya dengan daya hitung mesin ukuran besar paling hebat yang digunakan lebih kurang pada tahun 1960, komputer ini mempunyai kemampuan untuk menyimpan banyak sekali informasi di samping untuk membandingkan dan mengolah bilangan, angka dan bahkan gambar.

Komputer adalah mesin yang luwes : daya hitungnya dapat diterapkan di berbagai macam bidang seperti misalnya : di bidang pendidikan, bidang perindustrian, kedokteran, dan bahkan pertanian. Pekerjaan di kantor pun sudah berubah karena arsip kertas yang bertumpuk-tumpuk dan kurang berdaya guna diganti dengan cara menyimpan di dalam komputer. Dan komputer itu dapat memberikan informasi yang ada di dalamnya hampir sama pada saat itu juga.

Di dasar kemajuan-kemajuan tersebut terdapat cip silikon, yaitu sekeping bahan yang dicetak dengan beribu-ribu aliran listrik lembut. Cip itu sanggup mengerjakan lebih dari seribu hitungan setiap detik. Namun teknologi terus berkembang : para ahli teknologi komputer meramalkan bahwa pada sekitar tahun 1990 sepuluh juta sirkuit akan dijajakan kedalam cip itu dan memberikan kepada kita daya hitung yang hampir tidak dapat kita bayangkan.

Cara Kerja Komputer

Pekerjaan komputer adalah mengurusi keterangan, informasi dimasukkan melalui piranti masukan seperti misalnya papan gamitan dan diterjemahkan ke dalam sandi listrik yang digunakan oleh komputer itu. Informasi itu melewati tempat penyimpanan sementara dan menuju unit pengolahan tempat operasi penghitungan dikerjakan.

Hasilnya dikeluarkan melalui memori dan dapat diperagakan pada piranti keluaran seperti misalnya pencetak atau layar televisi, peragaan dapat diberikan dalam bentuk kata, angka, maupun grafik. sistem komputer Starlink menghubungkan enam pusat astronomi di Inggris, para ilmuan dapat saling bertukar informasi cukup dengan menekan satu tombol saja.

Apa Itu Mikrocip

Mikrocip  adalah sirkuit rumit yang dicetak pada mikrocip mirip sekali dengan jalan raya - jalan raya kota yang dilihat dari balik jendela pesawat terbang. sementara komputer itu bekerja, tiap detik berjuta-juta pulsa listrik mengalir melalui sirkuit tersebut. Masing-masing cip di segel dan ditumpahkan di dalam selongsong keramik agar terlindung. Garpu kecil yang dihubungkan dengan selongsong itu dibuat dari emas atau aluminium dan memungkinkan cip tadi untuk dihubungkan dengan sirkuit-sirkuit lain.

Jenis-jenis Komputer

Jenis komputer ada 3 jenis yaitu :
Komputer mini dengan peranti penyimpanan tambahan merupakan mesin yang hebat. komputer ini berguna untuk kantor-kantor kecil.

Mikrokomputer yaitu memberikan jasa hitung-menghitungnya akurat kepada setiap orang. Dan mikrokomputer ini adalah komputer yang paling murah untuk digunakan di rumah atau pun disekolah-sekolah.

Komputer induk yaitu komputer yang memerlukan tempat luas dan dapat digunakan oleh banyak orang secara bersamaan, komputer yang paling besar adalah komputer jenis yang lebih banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar atau oleh para ahli metreorologi yang harus menganalisis keterangan yang banyak sekali jumlahnya dalam waktu singkat.

Sistem Komputer 

Sistem komputer yang lengkap, berapa pun daya hitungnya, semua komputer memerlukan unsur-unsur yang sama untuk membentuk satu sistem komputer lengkap. Unit penghitung itu sendiri mempunyai papan gamitan sehingga informasi dapat dimasukkan kedalamnya.

Selain itu, unit ini juga mempunyai kapasitas penyimpanan yang terbatas, kapasitanya dapat ditingkatkan oleh peranti penyimpanan tambahan seperti misalnya piringan dan pita magnetik. Keterangan yang disimpan dengan cara ini dapat langsung dimasukkan ke dalam sistem. Keluaran diperagakan dilayar TV, dicetak atau disimpan di dalam pita atau piringan.

Merancang Komputer

Salah satu bidang yang paling menggairahkan dari penerapan komputer ialah digunakanya kemampuan komputer untuk mengolah gambar. Para perancang dan perekayasa dapat langsung "menggambar" pada layar televisi untuk menguji gagasan-gagasan baru.

Sebagai contoh : rancangan pesawat terbang baru diciptakan pada layar dan dihadapkan dengan berbagai macam tekanan yang akan dialaminya selama pesawat tersebut digunakan. Yang dinamakan rancangan hasil bantuan komputer tadi dapat menghemat banyak biaya, dan sekarang ini rancangan itu digunakan untuk menciptakan sirkuit cip yang lebih hebat lagi. untuk masa depan.

Sistem Kendali Komputer

Coba bayangkan bahwa anda mengelola sebuah pabrik. dipabrik itu berjalan beribu-ribu komponen menuju jalur produksi setiap harinya, atau anda bayangkan bahwa anda harus mengatur jaringan lalu lintas yang ramai, seperti misalnya jaringan kereta api bawah tanah di San Francisco atau Metro di Paris.

Dalam keadaan seperti itu, komputer mempunyai peranan sendiri, karena dapat sekaligus mengurus keterangan-keterangan yang banyak sekali jumlahnya, komputer merupakan alat yang ideal untuk mengatur dan memantau sistem-sistem rumit semacam itu.

Baca Juga Manfaat Teknologi Dalam Industri

Kesimpulan

Komputer dapat mencek apakah komponen-komponen sudah sampai jalur produksi atau apakah kereta api berjalan sesuai dengan jadwal. Dalam lingkup yang lebih mengesankan lagi, komputer penting sekali untuk misi penerbangan ke antariksa, seperti contohnya adalah : pesawat ulang alik antariksa dimasuki lebih dari 500.000 instruksi yang mutlak diperlukan dalam setiap penerbangan.

Selama misi tersebut, komputer harus terus memantau prestasi beribu-ribu sistem pesawat ulang alik, tanpa komputer yang dapat bekerja dengan sangat cepat, misi yang disebut tadi tidak akan mungkin dilaksanakan.

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel