Cara Membuat Listrik Dan Penggunaan Teknologi Membuat Tenaga Listrik - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Cara Membuat Listrik Dan Penggunaan Teknologi Membuat Tenaga Listrik

Cara Membuat Listrik Dan Penggunaan Teknologi Membuat Tenaga Listrik - Apa Itu Listrik? Listrik adalah tenaga dari jenis yang paling mudah digunakan dan paling serbaguna di antara semua tenaga yang kita miliki, listrik dapat disalurkan secara berdaya guna dan murah ke tempat-tempat jauh. Selain itu, listrik juga dapat digunakan untuk pemanasan, penerangan dan untuk menjalankan alat-alat listrik serta perlengkapan industri.

Cara Pembuatan Listrik Dengan Teknologi


Gambar Cara Membuat Listrik Dan Penggunaan Teknologi Membuat Tenaga Listrik


Karena menghadapi masalah menipisnya persediaan minyak, para ilmuwan dan perekayasa telah mengembangkan teknologi pembangkit listrik pengganti. Lebih kurang pada tahun 1950 tenaga uang dilepaskan oleh atom-atom yang terbelah dijinakkan agar menyediakan sumber panas pembangkit lisrik.

Tenaga itu pula yang dikeluarkan oleh atom-atom yang bersifat menghancurkan. Tenaga bahan bakar nuklir - yang biasanya adalah uranium - dalam jumlah sama mempunyai tenaga lebih dari tiga juta kali tenaga yang dimiliki bahan bakar seperti misalnya batu bara.

Namun tenaga nuklir mempunyai beberapa kelemahan, tenaga nuklir menghasilkan limbah yang berbahaya dan terbukti mematikan apabila terdapat kerusakan pada reaktor, walaupun demikian rekor keamanan di industri nuklir sungguh mengagumkan, namun banyak orang yang merasa bahwa nuklir lebih besar risiko daripada manfaatnya.

Beberapa teknologi lain yang "lebih bersih" sudah dikembangkan : stasiun pembangkit listrik tenaga hidroelektrik adalah penghasil utama listrik di berbagai bagian dunia. Selain itu, stasiun pembangkit listrik prototipe yang memanfaatkan angin, gelombang pasang air laut, gelombang dan matahari sudah mulai beroperasi.

Namun bidang yang paling menarik dalam perkembangannya terletak pada tenaga fusi, ini adalah cara untuk mereproduksi di Bumi reaksi yang membersihkan tenaga pada Matahari, tenaga fusi memang sudah diciptakan dalam taraf percobaan, tetapi mungkin diperlukan waktu paling sedikit lima puluh tahun untuk mengembangkan teknologi tersebut sehingga dapat digunakan untuk mendirikan dan mengoperasikan stasiun listrik pembangkit tanaga fusi.

Cara Membuat Listrik

Listrik dibangkitkan dengan menggerakkan kumparan kawat yang ada di dalam medan magnet, energi gerakan yang digunakan untuk menggerakkan kawat tersebut diubah menjadi energi listrik, sebagai contoh, dalam lampu dinamo sepeda gerakannya dihasilkan oleh roda sepeda itu, di kebanyakan stasiun pembangkit listrik yang dijalankan dengan menggunakan tenaga minyak, batu bara, atau nuklir, gerakan diciptakan oleh semburan uap.

Sumber Tenaga Listrik

Batu bara, minyak dan gas adalah bahan bakar yang digunakan oleh kebanyakan stasiun pembangkit listrik dunia, stasiun yang bertenaga hidroelektrik memanfaatkan energi air bergerak. Stasiun itu sama sekali bebas polusi dan menggunakan sumber yang selalu diperbarui karena air tidak pernah habis, namun stasiun pembangkit listrik tenaga hidroelektrik hanya dapat dibangun di tempat yang banyak persediaan air - di sungai, di gunung atau dari bendungan.

3 Cara Listrik Dibangkitkan

1. Energi Panas
Di stasiun pembangkit listrik tenaga gas, minyak dan batu bara, bahan bakar yang dibakar untuk mendidihkan air, uap yang dihasilkan menciptakan gerakan yang diperlukan untuk menghasilkan listrik.

Asas yang tepat sama berlaku juga di stasiun pembangkit listrik tenaga nuklir, namun energi panas disini berasal dari atom uranium yang terbelah, agar kegiatan tersebut dapat berfungsi dengan aman dan untuk menampung panas yang luar biasa tinggi yang dihasilkan, reaktor nuklir memerlukan teknologi perekayasaan yang mahal harganya.

2. Energi Turbin Dan Generator
Uap yang dibangkitkan oleh ketel didih, atau yang dibangkitkan di dalam inti reaktor nuklir, terus masuk ke dalam turbin, karena didesak oleh uap tadi, maka berputarlah bilah-bilah da n poros turbin itu. Poros turbin menembus ke dalam generator dan menggerakkan elektromagnet raksasa sehingga membangkitkan listrik di dalam kumparan kawat yang dililitkan di sekeliling magnet, dan uap masuk ke dalam kondensor. Uap didinginkan ditempat tersebut sehingga menjadi air dan air kembali lagi ke ketel didih.

3. Transformator
Dari kebanyakan stasiun pembangkit, listrik dibangkitkan pada tegangan 25.000 volt. Agar pembagian listrik berdaya guna, tenaga di dalam transformator terdiri dari dua kumparan kawat yang dililitkan di sekeliling kedua sisi sebatang besi. 

Aliran listrik di dalam kumparan pertama akan membangkitkan aliran listrik di dalam kumparan kedua. Jika lilitan pada kumparan pertama dua kali lipat lilitan pada kumparan kedua, maka tegangan di dalam kumparan kedua juga akan naik dua kali tegangan di dalam kumparan pertama.

Cara Listrik Disalurkan

Dari stasiun-stasiun pembangkit, listrik bertegangan di atas 130.000 volt atau kadang 400.000 volt, dialirkan melalui kawat pilon atau kabel bawah tanah ke stasiun-stasiun cabang, di sana transformator menurunkan tegangan agar sesuai dengan tegangan setempat. Industri berat, seperti misalnya industri baja, memerlukan listrik bertegangan kira-kira 33.000 volt, sedangkan industri ringan menerima aliran listrik bertegangan 11.00 volt.

Listrik yang kita terima dirumah, diturunkan tegangannya hingga 220-240 volt. Jaringan aliran listrik nasional atau regional diatur oleh beberapa perekayasa di ruang kendali pusat. Mereka yang memastikan bahwa listrik dialirkan sesuai dengan perubahan kebutuhan, mereka juga yang mematikan generator bila permintaan akan listrik menurun atau menyalakan generator lain pada jam-jam sibuk.

Baca Juga Cara Menghemat Listrik Dan Menghitung Kebutuhan Daya Listrik

Kesimpulan

Cara Listrik Digunakan, bila memakai listrik, kita mengubah energi listrik  menjadi energi lain - biasanya energi panas atau gerakan. Motor listrik yang menjalankan berbagai peranti seperti mesin cuci, bor atau pengaduk makanan listrik atau mixer, blender, adalah sama cara kerjanya dengan cara kerja generator, meskipun terbalik. motor mengubah tenaga listrik menjadi tenaga gerakan lain.

lampu penerangan dan sistem pendingin ruangan paling banyak menghabiskan listrik di rumah, tetapi pemakaian listrik dikebanyakan rumah memang sangat boros karena udara panas menerobos masuk melalui dinding atau atap yang buruk tentang cara menyekatnya.

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel