8 Tips Merawat Mesin Mobil Remote Control - Tempat Informasi -->

Sponsor:

8 Tips Merawat Mesin Mobil Remote Control

Cara Merawat Mobil Remot Kontrol - Ini dia, mobil remote control, hampir disetiap mall menjual  benda-benda untuk orang yang hoby mobil remote control (MRC), model dari mobil remote control ini sangat beragam, bahan dasar mobil remote control ada yang terbuat dari fiberglass, ada juga yang terbuat dari plastik, tinggal pilih saja, mau mobil yang bisa memberikan kecepatan 50 meter/jam dengan tenaga baterai, dengan tenaga aki atau dengan tenaga gas cair nitromethane.


Bagaimana Merawat Mobil Remote Control?


Gambar 8 Tips Merawat Mesin Mobil Remote Control


Mobil remote control dilengkapi sistem suspensi yang dibuat serius layaknya mobil yang sesungguhnya, terutama untuk jenis mobil cruiser atau jenis jip yang di desain untuk kondisi lapangan pacu yang berbatu dan berlumpur, untuk yang berjenis mobil remote control dengan tenaga dari gas cair ringan, terbukti kecepatannya 5 kali lipat dari mobil remote control yang menggunakan tenaga dari aki atau dari tenaga baterai. Biasanya harga mobil remote control bertenaga baterai sekitar $60,-, sedangkan harga mobil remote control dengan tenaga nitro diberi harga sekitar $350,-

Sejarah Mobil Remote Control

Pada tahun 1970-an, mainan mobil rakitan yang beken adalah Tamiya. Saat itu belum dilengkapi mesin, selanjutnya, mainan tersebut semakin digemari dan bukan hanya oleh anak-anak, tapi disukai juga oleh orang dewasa, diawali dengan membantu merakit mainan tamiya tersebut untuk anaknya, maka orang dewasa ikut serta menggemari mainan ini.

Mobil rakitan berbahan pelastik mulai dilengkapi motor sederhana bertenaga baterai pada 1976. disaat mobil tamiya mulai diminati, maka mulai muncul mainan-mainan yang sejenis. Pada era 1980-an, terbitlah mobil remote control, mobil ini mesinnya masih tidak jauh dengan mesin produk tamiya, tapi lewat frekuensi radio yang dipancarkan oleh sebuah remote control ke antena yang ada di mobil, maka mobil berjalan maju dan berjalan mundur, ke kiri dan ke kanan sesuai dengan keinginan pengemudi.

6 Tips Merawat Mobil Remote Control Untuk Pemula

1. Sebagai pemula, tentukan pilihan, apakah ingin memulai dengan mobil remote control bertenaga listrik (baterai) atau langsung ke mobil remote control dengan tenaga nitro.

2. Perlu banyak membaca review tentang berbagai model mobil remote control, mungkin anda bisa melihat model mobil tersebut dari majalah maupun dari internet, supaya anda tidak salah dalam memilih model dari mobil remote control.

3. Lebih baik belanja ditoko-toko yang menjual mobil remote control resmi, karena terjamin kualitasnya dan bergaransi.

4. Jangan hanya mencoba mobil remote control untuk dikendarai di pekarangan rumah atau di dalam rumah. Belajarlah mengulik mesin dari mobil remote control tersebut agar kemampuannya meningkat, menjadi lebih.

5. Cepat, dan terus belajar mengemudikan secara baik.

6. Harus punya target bertanding atau balap.




8 Tips Perawatan Mesin Mobil Remote Control

1. Jaga kebersihan dari mobil remote control dari debu.

2. Usahakan mesin mobil remote control dalam kondisi setting RPM tertinggi, maksudnya supaya pelumasan pada mesin bisa berjalan dengan baik.

3. Jangan sekali-kali menjalankan mobil remote control dengan kecepatan tinggi saat mobil tersebut tidak menjejak di tanah. over speed bisa mengakibatkan kerusakan beberapa elemen didalam mesin.

4. Usahakan untuk mengistirahatkan mobil remote control bila mesinnya mulai panas, karena itu akan membuat mobil cepat rusak.

5. Gunakan produk terbaik, dalam kasus mobil remote control nitro, jangan sembarangan memilih bahan bakar karena akan mempengaruhi ketahanan mesin, idealnya, bahan bakar mobil remote contro nitro mengandung tidak lebih dari 20 persen, campurkan lagi dengan semacam minyak pencampur bahan bakar khusus mobil remote control.

6. Cegah pengaratan, begitu selesai memainkan mobil remote control, maka segera keluarkan saluran bahan bakar dari mesin, setelah itu, biarkan mesin menyala sampai tangki benar-benar kering dari bahan bakar, tambahkan beberpa tetes minyak pelumas khusus mesin setelah dioprasikan, terakhir, hidupkan mesin beberapa kali untuk mengecek kondisinya.

7. Meningkatkan kapasitas nitro sebagai bahan bakar memang bisa membuat tenaga mesin semakin besar, tapi hati-hati, jika peningkatan kapasitas bahan bakar tidak disesuaikan dengan kapasitas mesin, mesin mobil remote control bisa jebol, setiap kali akan mengubah salah satu spec, kita perlu memodifikasi spec bagian lainnya.

8. Simpan ditempat kering, mesin mobil remote control pada dasarnya hanya mengenal dua bahan logam di dalamnya, yaitu unsur mesin berbahan aluminium dan besi, usahakan tetap kering, mesin harus tetap kering untuk mencegah proses kondensasi (pengembunan) komponen didalamnya, bila kebetulan mobil remote control kita menjelajahi medan berair atau penuh lumpur, maka segera keringkan.

Baca Juga Cairan Wealthy Automtive Care Membuat Mesin Mobi Kembali Besih


Kesimpulan

Saudara tua generasi mobil remote control ini di rilis pertama kali oleh merek seperti Schumacher, Kyosho, dan Yokomo, akhir-akhir ini tamiya juga ikut meramaikan mobil remote control, dengan versi 4 wheel drive yang bisa menempuh jalur off-road.

Mobil-mobil berukuran rata-rata panjang 40-60 sentimeter tersebut juga kerap di utak-atik agar punya kemampuan optimal. Malah ada beberapa orang yang membuat semacam komunitas penggemar mobil remote control jenis tertentu atau membentuk perkumpulan penggemar mobil remote control, biasanya selain berkumpul dan membicarakan tentang mobil remote control, terkadang mereka membuat workshop modifikasi mobil remote control, serta menggelar balap dan pertandingan mobil remote control.

Baca Juga Sepeda Motor Llasik Tapi Baru Dan Keren

Share this post

Related Posts

0 Response to "8 Tips Merawat Mesin Mobil Remote Control"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel