Proses Terbentuknya Planet Venus, Bentuk Permukaan Dan Data Planet Venus - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Proses Terbentuknya Planet Venus, Bentuk Permukaan Dan Data Planet Venus

Proses Terbentuknya Planet Venus, Bentuk Permukaan Dan Data Planet Venus

Venus adalah planet yang orbitnya paling dekat dengan bumi. kita sering melihatnya bersinar di langit barat setelah matahari terbenam. oleh karena itu, planet Venus sering disebut bintang kejora. ukuran Venus hampir menyerupai bumi, tetapi venus adalah dunia tanpa air dengan iklim yang membakar.

Gambar Proses Terbentuknya Planet Venus, Bentuk Permukaan Dan Data Planet Venus


Bentuk Permukaan Planet Venus

satelit angkasa memperlihatkan kalau sebagian besar permukaan Venus ditutupi oleh dataran yang luas. ada dua wilayah pegunungan besar yang bisa kita anggap sebagai benua. satu berada di bagian utara dan disebut dengan Ishtar Terra. dan satu lagi terletak di dekat khatulistiwa dan disebut dengan Aphrodite Terra.

Mengapa Venus Berubah Bentuk?

dari bumi, Venus tampak berubah bentuk dan ukuran seiring berjalannya waktu. ini karena orbit Venus lebih dekat ke matahari dibandingkan dengan orbit bumi pada saat berada pada jarak terjauh dari matahari.

Venus hanya berupa bulatan kecil. saat lebih dekat ke bumi, Venus tampak semakin besar, tapi hanya terlihat sebagian dan akhirnya hanya berbentuk sabit tipis.

Mengapa Venus Berawan?

kita tidak bisa melihat permukaan Venus dari bumi karena awan tebal di atmosfernya. awan ini tidak seperti awan yang ada di bumi yang terbentuk dari tetes-tetes kecil air. awan Venus terbentuk dari tetets kecil asam sulfur, salah satu asam terkuat yang kita kenal. sulfur yang ada di atmosfer Venus berasal dari banyak gunung berapi yang meletus setiap tahun di planet Venus.

Mengapa Planet Venus Sangat Panas?

temperatur rata-rata di Venus dua kali panas oven yang dinyalakan dengan pengaturan maksimum. hal ini disebabkan oleh sebagian besar atmosfer Venus yang terdiri dari CO₂, gas pekat yang memerangkap panas. selama bertahun-tahun, gas ini menyebabkan panas terperangkap di atmosfer semakin banyak, seperti pada rumah kaca. lapisan awan juga memerangkap panas, sampai temperaturnya mencapai sekitar 480⁰C.

Bagaimana Dapat Menembus Awan Planet Venus?

penyelidik ruang angkasa dapat melihat menembus awan Venus dan memperlihatkan permukaan Venus. penyelidik ruang angkasa melihatnya dengan menggunakan sinar radar yang dapat menembus awan.

Magellan adalah penyelidik ruang angkasa beredar yang berjasil memetakan seluruh planet antara tahun 1990 dan tahun 1992.

Proses Terbentuknya Planet Venus

ukuran planet Venus hampir sama dengan ukuran bumi, dan mungkin terbuat dari unsur yang sama. Venus mempunyai kerak buatan, tapi tidak ada samudra luas seperti samudra yang terdapat di bumi. Venus terlalu panas, sehingga air hangat mudah menguap.

di bawah kerak planet Venus terdapat selimut bauan yang lebih padat dan ditengahnya terdapat inti besi yang mungkin sebagian berupa cairan.

Data Planet Venus

  • Diameter di khatulistiwa : 12.100 km
  • Jarak rata-rata dari matahari : 108 juta km
  • Jarak terdekat dari bumi : 42 juta km
  • Rotasi : 243 hari bumi
  • Revolusi : 225 hari bumi
  • Temperatur permukaan : 480⁰C
  • Satelit : 0

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel