Proses Terbentuknya Planet Uranus Dan Penemu Planet Uranus - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Proses Terbentuknya Planet Uranus Dan Penemu Planet Uranus

Terbentuknya Planet Uranus Dan Penemu Planet Uranus

Planet Uranus - Planet Uranus adalah planet terbesar ketiga dengan diameter empat kali bumi. Uranus sangat jauh jaraknya dari bumi, sehingga sulit dilihat dengan mata telanjang. oleh karena itu, Uranus belum ditemukan sampai tahun 1700-an, saat ditemukannya teleskop.

Gambar Proses Terbentuknya Planet Uranus Dan Penemu Planet Uranus

Mengapa Planet Uranus Tidak Taat Aturan

semua planet berotasi atau berputar pada porosnya (garis khayal dari kutub utara ke kutub selatan) sambil mengelilingi matahari. pada kebanyakan planet, porosnya hampir tegak lurus dengan garis orbit planet.

namun, poros Uranus sejajar dengan orbitnya, sehingga kutub Uranus menghadap matahari. oleh karena itu, Uranus seolah rebah disalah satu sisinya. akibatnya, kutub Uranus lebih panas daripada sisi yang lainnya dan tidak dingin seperti kutub yang ada di bumi.

Penemu Planet Uranus

bulan Maret 1781, seorang ahli astronomi Inggris, William Herschel, melihat langit menggunakan teleskop. dia mengamati objek yang dianggapnya komet baru, tapi ternyata planet baru. sampai saat itu, ahli astronomi baru mengenal empat planet. jarak planet baru yang kemudian dinamai Uranus itu dua kali jauhnya dari matahari ke Saturnus.

Jumlah Cincin Yang Dimiliki Uranus

dulu, ahli astronomi mengira hanya saturnus yang mempunyai cincin. tapi pada tahun 1977, mereka menemukan bahwa uranus ternyata juga mempunyai cincin. ada sekitar 11 cincin utama yang terbentuk dari pecahan batu yang garis tengahnya sampai satu meter dan mendesing mengitari planet dengan kecepatan tinggi. partike; di sebagian cincin tertahan di tempatnya karena bulan kecil penggembalanya.

Susunan Uranus

  • Hidrogen helium metana
  • Amonia, air, dan es metana
  • Inti besi silikat

Terbentuknya Planet Uranus

Uranus mempunyai atmosfer tebal yang terdiri dari hidrogen, helium, dan metana. juga selimut air, amonia dan es metana. dipusatnya terdapat inti silikat besi.

Data Planet Uranus

  • Diameter di Khatulistiwa ; 51.000 km
  • Jarak rata-rata dari matahari : 2,87 miliar km
  • Jarak terdekat dari bumi : 2,6 miliar km
  • Rotasi : 17 jam 14 menit
  • Revolusi : 84 hari bumi
  • Temperatur di puncak awan : -200⁰C
  • Satelit : 15

Keistimewaan Miranda

Miranda adalah bulan terkecil dengan diameter sekitar 500 kilometer yang bisa dilihat dari bumi. foto jarak terdekat memperlihatkan sebagai bulan yang paling menarik. permukaannya merupakan gabungan dari berbagai jenis relief, seperti kawah, lekukan, tebing, dan lembah.

ahli astronomi berpendapat pada zaman dahulu Miranda hancur berkeping-keping saat bertabrakan dengan benda lain. lalu, kepingannya menyatu membentuk pemandangan yang kita dapat lihat sekarang.

Apakah Penyelidik Ruang Angkasa Pernah Mengunjungi Uranus

melalui teleskop, hanya sedikit yang bisa kita ketahui dari uranus karena letaknya sangat jauh. sebagian besar yang kita ketahui berasal dari penyelidik ruang angkasa Voyager 2 yang mengunjungu Uranus tahun 1986. sebelumnya, Voyager 2 sudah mengunjungi jupiter (1979) dan Saturnus (1981). sekarang, penyelidikan ini sudah jauh melewati planet, dan segera meninggalkan tata surya untuk memulai pelajaran menuju bintang.

Seperti Apa Rupa Bulan Planet Uranus

dari bumi, kita hanya bisa melihat lima bulan uranus yang terbesar, yaitu Miranda, Ariel, Umbriel, Titania, dan Oberon. sepuluh bulan yang lebih kecik ditemukan oleh Voyager 2. bulan yang besar berupa bola batu dan es yang permukaannya dipenuhi kawah dan retakan. Titania adalah bulan terbesar. diameternya sekitar 1.600 kilometer.

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel