4 Manfaat Teknologi Untuk Transportasi - Tempat Informasi -->

Sponsor:

4 Manfaat Teknologi Untuk Transportasi

4 Manfaat Teknologi Utuk Transportasi - Penerbangan pesawat BA-204 lintas Atlantik dari Los Angeles ke London sudah berakhir. Para penumpang sudah turun dan pesawat terbang sedang disiapkan untuk penerbangan berikutnya. Setiap tahun 600 juta orang lebih bepergian melalui jalur udara. Ditempat yang lebih dekat dengan rumah, tiap hari lebih banyak lagi orang yang pulang balik ke tempat kerja dengan kereta api, bis, dan mobil pribadi.

Penggunaan Teknologi Dalam Sistem Transportasi


Gambar 4 Manfaat Teknologi Untuk Transportasi


Kepadatan lalu lintas telah memacu berbagai macam perkembangan teknologi. pesawat terbang dan mobil dirancang agar hemat bahan bakar. Jaringan jalan kereta api di kota yang baru sudah dibangun dan kereta api serta pesawat terbang hasil rancangan baru secara dramatis mempersingkat jangka waktu tempuh perjalanan.

Pertimbangan akan keselamatan diutamakan dalam perancangan dan pengoperasian semua jenis angkutan, sebagai contoh, pesawat terbang dilapisi dengan perlengkapan elektronik yang akan memperingatkan awak pesawat seandainya terjadi kerusakan selama penerbangan.

Selain itu ada beberapa sistem pendukung yang memastikan bahwa bila kerusakan memang terjadi, maka akibatnya tidak akan fatal. Model mobil mutakhir dirancang agar memberikan perlindungan semaksimal mungkin kepada pengemudi dan penumpangnya apabila terjadi tabrakan. Setelan keselamatanan menjadi pertimbangan terpenting lain adalah penghematan bahan bakar, mesin rancangan baru dan lakur logam lebih ringan yang dipakai berhasil menurunkan penggunaan bahan bakar beberapa mobil dan pesawat terbang hingga 35 persen.

Sasaran terakhir teknologi adalah kecepatan. Concorde, pesawat penumpang supersonik pertama di dunia, memperpendek jangka waktu tempuh penerbangan dari Eropa ke Amerika Utara menjadi stengahnya dengan terbang pada kecepatan 2.100 km tiap jam. Biaya pengembangan proyek Concorde yang ditanggung bersama oleh Inggris dan Perancis sangat luar biasa besar. sedangkan biaya operasionalnya pun terlampau tinggi.

Oleh karena itu, pesawat hanya digunakan untuk melayani jaringan penerbangan antar benua yang sangat sibuk saja. Pesawat dengan bentuknya yang ramping dan anggun itu, Concorde merupakan salah satu keberhasilan menggairahkan di bidang teknologi angkutan modern.

Pesawat Penumpang Terbesar Pertama Di Dunia

Jumbo jet Boing 747 adalah pesawat penumpang yang paling besar didunia, pesawat itu dirancang untuk mengatasi meningkatnya arus perjalanan udara yang terjadi sekitar tahun 1960.

Pesawat Boing 767

Boing 767 adalah pesawat model paling modern, pesawat tersebut menghabiskan bahan bakar 35 persen lebih sedikit daripada pesawat terbang yang sejenis. Peningkatan daya guna merupakan hasil paduan dari berbagai kemajuan teknologi. Bobot pesawat dibuat sesering mungkin dengan digunakannya bahan baku ringan namun kuat, dan mesinnya adalah rancangan yang sudah diperbaiki.

Adanya komputer dan alatbantu navigasi elektronik berarti pesawat ini dapat diterbangkan oleh dua orang awak saja. Dan faktor-faktor itu menurunkan biaya operasional serta ikut menekan harga tiket pesawat.

1. Penggunaan Teknologi Untuk Jaringan Udara

Pada waktu-waktu sibuk di bandar udara internasional yang sangat ramai, pesawat terbang mendarat dan tinggal landas rata-rata lebih dari satu pesawat di setiap satu menit, dan itu adalah tugas para pengatur lalu lintas udara untuk mengurusi lalu lintas yang sangat padat itu sehingga semua penumpang dan awak pesawat selamat. Sebelum pesawat terbang mencapai bandar udara, pilot harus mengetahui keadaan cuaca setempat dan kondisi kemacetan lalu lintas udara.

Keterangan ini disiarkan secara terus-menerus dari menara radio. Pesawat terbang harus dijaga agar tetap berada pada jalur yang telah ditetapkan, yaitu di "jalan raya" udara.

Pesawat terbang harus saling berjauhan minimal jaraknya 5,5 km secara horisontal. Perjalanan pesawat dipantau pada sederet layar radar yang terdapat di menara pengatur lalu lintas udara, sedangkan para pengatur lalu lintas udara harus terus-menerus mengadakan hubungan radio dengan setiap pesawat terbang yang sedang tinggal landas atau mendarat. Pada waktu yang sama, pesawat terbang yang sudah mendarat juga harus terus-menerus diawasi untuk memastikan bahwa pesawat-pesawat itu tidak berada di jalur pacu yang sedang digunakan oleh pesawat terbang.

2. Penggunaan Teknologi Untuk Mobil

Dengan merancang mobil yang lebih ramping bentuknya dan dengan memperbaiki prestasi mesinnya, pabrik mobil cukup banyak mengurangi pemakaian bahan bakar rata-rata mobil yang dikurangi penggunaan bahan bakarnya adalah mobil keluarga. Rancangan bak penumpang serta ujung depan dan ujung kebelakang yang dapat mengerut bila mobil mengalami tabrakan yang bertujuan untuk meningkatkan keselamatan para penumpang.

Perkembangan modern adalah dipasangnya sirkuit mikrokomputer di mesin mobil. Sirkuit mikro tersebut dapat mengatur aliran bahan bakar dan memperingatkan pengemudi jika minyak atau bahan bakar tersisa sedikit. Ada juga sirkuit yang diprogram untuk memperingatkan pengemudi bahwa pintu mobil belum terkunci atau bahwa sabuk pengaman belum dikenakan. Ada yang bahkan membantu navigasi seperti misalnya peranti percobaan mobil Honda yang mengatur rute perjalanan pengemudi di dalam kota pada layar video kecil yang terletak di dasbor.

3. Penggunaan Teknologi Pada Kapal Laut

Sekarang ini hanya sedikit saja orang yang berpergian menggunakan kapal laut, namun demikian, barang-barang yang dikirim melalui jalur laut sangat banyak jumlahnya. Barang berukuran besar, seperti misalnya batangan logam, diangkut menurut cara lama. namun barang-barang jadi dikapalkan di dalam peti kemas logam yang besar.

Di pelabuhan pekerjaan bongkar muat dikerjakan menurut urutan yang sudah direncanakan dengan komputer adag lebih cepat dan berdaya guna serta akurat. Di laut, navigasi sangat sering automatis karena menggunakan alat-alat elektronik yang dihubungkan ke komputer da ditunjang dengan "sambungan" radio dari satelit.

4. Penggunaan Teknologi Pada Rel Kereta Api

Pada tahun 1981 salah satu kereta rel ekspres Prancis yang terbentuk ramping, yaitu kereta TGV, yang memecahkan rekor kecepatan baru di dunia untuk kereta rel dengan melesat 380 km tiap jam. Sejak saat itu kereta TGV lain mencapai kecepatan yang sama sehingga memperpendek jangka waktu perjalanan antar kota Paris dan Lyon yang menjadi setengahnya saja. Kereta TGV meluncur diatas rel lurus yang dibuat secara khusus sehingga kereta tidak perlu lagi memperlambat larinya karena harus membelok.

Namun kereta api itu memadukan teknologi baru didalam mesin disel dan sistem remnya yang sudah ditingkatkan. Masinis kereta pai tidak lagi menggunakan sinyal konvensional, melainkan menerima informasi yang diperlukan dari papan peraga elektronik di gerbongnya. Dalam beberapa tahun yang akan datang, Prancis merencanakan akan memperluas jaringan TGV tersebut ke kota-kota di provinsi lain.

Baca Juga Manfaat Teknologi Untuk Pertanian Dan Peternakan


Kesimpulan

Itulah pembahasan tentang 4 manfaat teknologi untuk transportasi, dengan mengetahui manfaat teknologi, diharapkan anda mendapatkan ide-ide yang menarik dalam membuat dan menciptakan inovasi terbaru dan terkini tanpa merusak lingkungan dan temtu harus lebih dapat menghemat bahan bakar.

Share this post

Related Posts

0 Response to "4 Manfaat Teknologi Untuk Transportasi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel