4 Tips Mudah Merawat Dan Membersihakan Pelek Motor Agar Terlihat Baru - Tempat Informasi -->

Sponsor:

4 Tips Mudah Merawat Dan Membersihakan Pelek Motor Agar Terlihat Baru

4 Tips Merawat Dan Membersihakan Pelek Motor Agar Terlihat Baru - Sungguh aneh bukan jika anda berpenmpilan keren, rapi dan wangi, sementara pelek motor anda penuh lumpur, kotoran atau karat! Tidak hanya body motor atau mesin serta aki motor yang hars dirawat dengan baik, karena penampilan pelek yang bersih dan terlihat baru akan lebih menunjang penampilan anda dalam berkendara motor.

Cara Merawat Pelek Motor Agar Selalu Kinclong

Dalam merawat sepeda motor anda, maka anda perlu merawat pelek motor anda juga, karena penunjang body motor terlihat keren adalah pelek motor yang bersih dan prima serta bebas dari karat. Ada bermacam-macam jenis pelek motor, yaitu pelek jenis spoke (jari-jari), pelek casting well (CW), dan pelek yang berbahan dari alumunium keras. Dari semua pelek motor itu, dasar dari pola perawatannya sama saja, kecuali pelek yang dilapisi chrome yang harus menggunakan gel khusus.

Gambar 4 Tips Mudah Merawat Dan Membersihakan Pelek Motor Agar Terlihat Baru

4 Tips Membersihkan Pelek Motor Agar Bebas Dari Karat

1. Semprotkan dengan air atau guyur jika tidak ada air tenaga angin. jangan langsung membasuh pelek dengan lap yang sudah dibasahi, karena kotoran pada pelek akan menggores pelek. Bila hal ini tetap dilakukan, maka pelek yang terbuat dari aluminium justru tidak akan mengkilap, walaupun beberapa pelek dapat segera hilang kotorannya hanya dengan beberapa usap saja.

2. Bersihkan bagian dalam pelek terlebih dahulu karena ditempat tersebut banyak mengendap kotoran. Endapan kotoran tersebut akibat dari sisa kerja rangkaian rem yang menempel dan bersifat korosif. Kotoran ini biasanya sulit untuk dibersihkan dan rentan terhadap serangan dari logam lainnya, oleh kerena itu, sisi dalam pelek lebih baik dilapisi cat anti karat agar terhindar dari korosi.

3. Khusus untuk merawat pelek yang dilapisi chrome, maka gunakan chrome polish yang berbentuk gel yang sudah tersedia di toko-toko aksesoris kendaraan atau di supermarket. Cara menggunakan chrome polish adalah dengan cara mengoleskan chrome polish pada permukaan pelek secara merata. Kemudian gosok secara perlahan-lahan dengan kain khusus micro fiber. bila pelek telah kehilangan lapisan anti karat, maka anda dapat membersihkan permukaan pelek dengan senyawa kimia seperti menggunakan kompon atau mag wheel polish.

4. Segera bersihkan pelek setelah kendaraan digunakan di saat musim hujan atau melewati genangan air, sebab kotoran tersebut akan menempel dan dapat timbul jamur yang merusak pelek bila pelek terkena sinar matahari.

Baca Juga 4 Sepeda Motor Klasik Tapi Baru Dan Keren


Penutup

Itulah artikel 4 tips mudah merawat dan membersihkan pelek motor agar terlihat baru, jika anda memperhatikan tips diatas tadi, dapat dipastikan bahwa pelek motor anda akan selalu awet, tampil prima dan bebas dari karat. Oleh karena itu sangat penting untuk merawat pelek motor terutama pada saat musim hujan.

Baca Juga 5 Cara Praktis Merawat Ban Mobil Agar Awet

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel