Informasi Keruangan Dari Atlas Dan Globe - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Informasi Keruangan Dari Atlas Dan Globe

Informasi Keruangan Dari Atlas Dan Globe

Informasi Keruangan Dari Atlas

Definisi Atlas - Atlas adalah nama Dewa Yunani. Dewa ini memegang bumi di atas pundaknya. selanjutnya nama atlas digunakan untuk memberi nama kumpulan-kumpulan peta yang dirancang untuk disimpan dalam bentuk jilid (buku) atau dalam keadaan lepas-leaps, tetapi dikumpulkan menjadi satu. dan atlas dibedakan berdasarkan wilayah, tujuan, dan isinya.


Gambar Informasi Keruangan Dari Atlas Dan Globe


A. Jenis Atlas Berdasarkan Wilayah

1. Atlas wilayah alam semesta

atlas wilayah alam semesta adalah atlas yang menyajikan gambaran letak dan derakan dari planet. misalnya menggambarkan peredaran bumi mengelilingi matahari, posisi bulan, gerhana bulan, dan sebagainnya.

2. Atlas Dunia

atlas dunia adalah atlas yang menyajikan gambaran informasi fisik dan hasil-hasilnya dari berbagai negara. atlas ini juga memberikan gambaran kemajuan pembangunan berbagai negara.

3. Atlas Nasional

atlas nasional adalah atlas yang menampilkan keterpaduan kondisi geografi fisik dan hasil-hasilnya yang nenandakan suatu negara.

4. Atlas Regional

atlas regional adalah atlas yang menyajikan gambaran mengenai aspek geografi dari suatu provinsi.

5. Atlas Kota

atlas kota adalah atlas yang menyajikan informasi tentang kondisi geografis suatu kota.

B. Jenis Atlas Berdasarkan Tujuan

1. Atlas Referensi

atlas referensi adalah atlas yang dibuat untuk kepentingan referensi. atlas ini didesain untuk membantu pengguna dalam menentukan kenampakan-kenampakan geografis atau untuk kepentingan perjalanan serta untuk perencanaan wilayah.

2. Atlas Wisata

atlas wisata adalah atlas yang menunjukkan tempat dan jenis wisata yang ada di dalam suatu negara.

3. Atlas Pendidikan

atlas pendidikan adalah atlas yang didesain untuk keperluan pendidikan. atlas ini menyajikan informasi tentang persebaran fenomena geografi fisik, seperti relief, iklim, fauna, dan juga memberikan informasi tentang hasil bumi, kepadatan penduduk, persebaran daerah industri dan sebagainya.

C. Jenis Atlas Berdasarkan Isi

1. Atlas Umum

atlas umum adalah atlas yang memberikan informasi geografi secara umum. misalnya atlas pelajar atau atlas dunia.

2. Atlas Tematik

atlas tematik adalah atlas yang memberikan informasi tentang satu fenomena tertentu. misalnya atlas wisata.

untuk mencari informasi geografi dalam atlas, dapat digunakan komponen atlas yang terdiri dari : daftar isi, keterangan dan indek.

Komponen Atlas

1. Daftar Isi

daftar isi mmuat judul-judul peta dengan disertai halamannya. daftar isi akan memudahkan pengguna dalam memilih peta yang diinginkan.

2. Keterangan Atlas.

atlas dapat memuat berbagai jeis peta baik yang berupa peta tematik maupun peta umum. keterangan dalam atlas yang dimaksud adalah isi dari atlas tersebut.

3. Indeks

pada bagian belakang dari atlas terdapat indeks yang berfungsi untuk memudahkan pengguna dalam mencari letak suatu tempat atau objek.

Informasi Keruangan Dari Globe

Definisi Globe - Globe adalah model tiruan bola bumi yang memberikan gambaran tentang bentuk bumi sehingga mendekati bentuk yang sebenarnya. benarkah bumi itu bulat? bentuk bumi yang bulat menyerupai bola dapat dibuktikan dengan hasil pemotretan bola bumi dari ruang angkasa. bumi menyerupai beberapa dimensi sebagai berikut.

Dimensi Bumi

  • luas permukaan bumi   = ± 510.066.000 km²
  • luas daratan : 148.326.000 km²
  • luas lautan : 361.740.000 km²
  • keliling equator : 40.075 km
  • keliling meridian : 40.007 km
  • jari-jari kutub : 6.357 km
  • jari-jari equator : 6.378 km
dari berbagai ukuran tersebut diketahui bahwa ukuran bumi ini cukup besar, meskipun jika dibandingkan dengan matahari, bumi dikatakan kecil. untuk memudahkan dalam pembahasan mengenai bumi maka dibuatlah miniatur bumi yang disebut dengan Globe. dalam globe, skala dan arah digambarkan secara benar sehingga dapat dipakai untuk berbagai keperluan.

Manfaat Globe :

  1. globe dapat dimanfaatkan untuk merencanakan perjalanan jauh, baik lewat udara maupun lewat laut.
  2. globe bermanfaat sebagai media pembelajaran, baik disekolah dasar maupun hingga tingkat perguruan tinggi.
  3. globe dapat bermanfaat untuk menentukan pebedaan waktu dan musim
  4. globe bermanfaat sebagai informasi yang berkaitan dengan arus laut.

kedudukan globe tidak lurus (tegak), tetapi condong dengan membentuk sudut 66,5⁰ terhadap garis horizontal. kedudukan ini disesuaikan dengan kemiringan sumbu bumi. globe memiliki dua jenis garis yang saling berpotongan.

garis yang menghubungkan kutub utara dengan kutub selatan disebut dengan garis meridian atau garis bujur. garis yang pararel dan melintang horizontal disebut garis lintang atau garis pararel.

garis bujur atau meridian dibagi menjadi garis bujur barat dan garis bujur timur. garis bujur timur membentang dari 0⁰ - 180⁰ ke arah timur (belahan bumi timur), sedangkan garis bujur barat membentang dari 0⁰ -180⁰ ke arah barat (belahan bumi bagian barat).

letak garis bujur 0⁰ disepakati di kota Greenwich dekat kota London, Inggris. pembagian garis bujur ini mempengaruhi pembagian waktu di bumi.

garis lintang dibagi menjadi dua yaitu Lintang Utara dari 0⁰-90⁰, dan lintang selatan juga dari 0⁰-90⁰. pada lintang 0⁰ merupakan wilayah kutub. rotasi bumi pada porosnya mempunyai kecepatan yang berbeda antara daerah equator dengan daerah kutub. semakin ke arah kutub, kecepatan edar bumi semakin lambat.

bumi berputra (360⁰) dalam waktu 24 jam. kecepatan peredaran bumi adalah 15⁰ dalam satu jam. di equator, 1⁰ berkisar 111 km. jadi kecepatan edar bumi di equator dalam waktu satu jam adalah 1.665 km.

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel